Surabaya (Antara Jatim) - Puluhan pelajar SMA Al-Muslim Sidoarjo dalam rangka memperingati Hari Habitat Sedunia dengan  melepaskan ratusan ikan sapu-sapu di sungai Kalimas Surabaya, Kamis. 
     
"Aksi ini untuk mengkampanyekan bersama-sama menjaga dan menciptakan kali bersih," kata Humas SMA Al-Muslim Azam Afian Dinata Azam saat mendampingi anak didiknya itu di Kalimas Surabaya.

Dalam peringatan ini, siswa-siswi SMA Al Muslim melakukan aksi lingkungan dengan mengkampanyekan menjaga dan menciptakan kali bersih melalui orasi lingkungan secara bergiliran.

Sambil orasi, pelajar lainnya membagikan stiker kepada pengunjung dan pengguna jalan di Jalan Ketabang Kali yang berisi himbauan tidak membuang sampah di kali. 

Azam mengatakan aksi ini untuk menggugah kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kali atau sungai di Kalimas ini. Sebab, ketika sungainya bersih dan tidak ada sampah, maka hal itu juga akan berdampak pada kesehatan masyarakatnya.

Menurut Azam, hal ini menjadi penting karena mengingat masih banyaknya warga yang minim kesadaran menjaga kebersihan kali dan masih banyaknya warga yang membuang sampah di kali. Bahkan, sampah dari bahan yang sulit terurai seperti pampers, stereofoam, sampah plastik dan lainnya juga masih sering ditemukan di Sungai Kalimas. 

"Kali atau sungai merupakan salah satu tempat penampungan air yang sebagian dari air tersebut diolah menjadi air bersih yang biasa kita gunakan untuk aktivitas sehari-hari, salah satunya adalah mandi. Bisa dibayangkan kalau kalinya kotor dan penuh sampah," ujarnya.

Ia juga menjelaskan bahwa aksi pelepasan ikan itu juga untuk membantu menciptakan kali yang bersih. Selain itu, pelepasan itu untuk mengembalikan dan menyelamatkan ekosistem Kalimas Surabaya. 

Sementara itu, salah satu siswa kelas X IPA SMA Al-Muslimun M. Rozy mengaku senang bisa menebar ikan di Sungai Kalimas Surabaya. Ia mengaku ini pengalaman berharga dalam mengkampanyekan kebersihan lingkungan. 

"Selama ini kita selalu mengkampanyekan kebersihan lingkungan, dan kali ini yang sangat berharga bisa melepaskan ikan ke Sungai Kalimas. Senang banget, ini pengalaman yang tidak bisa ditukar dengan uang," katanya.

Oleh karena itu, ia bersama teman-temannya mengajak kepada masyarakat untuk tidak lagi membuang sampah di kali atau sungai, terutama sampah itu berupa bahan-bahan yang susah diurai. "Ayo sama-sama jaga lingkungan," katanya. (*)

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017