Surabaya (Antara Jatim) - Kepala Kepolisian Resor Kota Besar (Kapolrestabes) Surabaya Komisaris Besar Polisi Muhammad Iqbal menanamkan jiwa kebhinekaan kepada ratusan mahasiswa baru  Universitas Muhammadiyah Surabaya, Sabtu.
     
Saat berbicara dalam Orientasi Dinamika Fakultas Mahasiswa Baru di kampus berbasis Islam itu Iqbal menekankan bahwa jiwa kebhinekaan dapat menangkal gerakan radikalisme.
     
"Mahasiswa harus turut serta dalam menangkal gerakan radikalisme agar tidak sampai menjalar ke  berbagai elemen masyarakat," katanya.
     
Karenanya, masyarakat, khususnya kalangan mahasiswa, untuk mewaspadai gerakan yang ingin menanamkan paham radikalisme untuk memecah belah Negara Kesatuan Republik Indonesia. 
     
"Dengan kembali menggalakkan kebhinekaan, kami yakin akan dapat menjadi penangkal bagi paham-paham yang dapat merusak keutuhan bangsa," tuturnya.
     
Terdapat 580 mahasiswa baru yang menyimak paparan bertajuk "Peran Mahasiswa dalam Menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia melalui Paham Antiradikalisme" yang disampaikan oleh mantan Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Metro Jaya itu.
     
Tampak  hadir pula rektor dan jajaran dekan, dosen, serta civitas akademika dari universitas setempat.
     
Mahasiswa, lanjut Iqbal, adalah generasi penerus yang merupakan harapan dan tumpuan negara untuk menuju masa  depan bangsa yang lebih baik lagi. 
     
Oleh karena itu, dia berpesan, agar para generasi bangsa senantiasa mewaspadai setiap doktrin yang dapat merusak keutuhan negeri.
     
"Jangan sampai paham radikalisme itu malah merasuk ke dalam diri mahasiswa," ucapnya. 
     
Justru, dia menandaskan, peran mahasiswa sangat dibutuhkan dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia melalui paham anti radikalisme, yang sejak dini harus sudah melekat pada diri masing-masing.
     
Iqbal menambahkan bahwa mahasiswa juga harus memiliki jiwa yang entrepreneur, edukatif dan inovatif untuk membentuk generasi yang profesional dan berguna bagi bangsa dan negara Indonesia. (*)

Pewarta: Hanif N

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017