Malang (Antara Jatim) - Puluhan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dan Singapore Polytechnic (SP) melakukan kuliah kerja nyata (KKN) di Kota Batu, Jawa Timur, dengan harapan mampu menciptakan teknologi baru untuk meningkatkan produktivitas usaha masyarakat di kota itu.

KKN yang dikemas dengan program pengabdian masyarakat melalui skema "Learning Express" (LEx) tersebut didanai sepenuhnya oleh Tamasek Foundation dan dikelola oleh International Relations Office (IRO) UMM. "Pengabdian masyarakat kolaborasi mahasiswa UMM dengan SP ini berlangsung selama dua pekan mulai 12 hingga 27 September 2017," kata Koordinator LEx UMM Karina Sari di Malang, Jawa Timur, Kamis.

Jumlah mahasiswa yang mengikuti program LEx ini 34 orang UMM dan dari SP 31 mahasiswa. Program pengabdian masyarakat bersama kedua perguruan tinggi tersebut sudah memasuki tahun ketujuh. Setiap tahun digelar dua kali setiap bulan Maret dan September dengan mengusung proyek penciptaan teknologi yang berbeda.

Lebih lanjut, Karina mengatakan pada batch periode September, ada tiga proyek yang menjadi fokus LEx, yakni kampung pisang, produksi bawang goreng, dan produksi jamu tradisional. Kolaborasi 65 mahasiswa UMM dan SP ini bertugas menciptakan teknologi baru dalam tiga proyek tersebut.

Terkait teknologi apa yang akan mereka ciptakan, katanya, semua itu berdasarkan hasil analisis problem yang mereka temukan di lapangan. Dari analisis nanti akan dibuat solusi untuk menyelesaikan permasalahan itu, teramsuk teknologi yang paling cocok dalam meningkatkan produksi usahanya.

Sebelum menciptakan teknologi baru, lanjutnya, sejumlah peserta LEx UMM telah mengikuti pelatihan design thinking di Singapura. Selanjutnya, tiga proyek yang dikerjakan selama dua pekan itu akan menjadi media aplikasi pelatihan design thinking yang didapatkan mahasiswa selama berada di Singapura. Output-nya, bekerja sama dengan Laboratorium Teknik UMM dan mahasiswa akan menciptakan alat untuk memudahkan masyarakat dalam meningkatkan produksi usahanya.

Ia berharap, dengan adanya kerja sama pengabdian masyarakat ini, mahasiswa UMM maupun SP akan lebih tanggap terhadap permasalahan yang ada di masyarakat, sebab selama ini yang dihadapi mahasiswa sering sulit kembali ke masyarakat. Oleh karenanya, LEx hadir sebagai media belajar agar ketika lulus, mahasiswa bersangkutan siap terjun menyelesaikan problem-problem yang dihadapi masyarakat.

Karina mencontohkan pada proyek LEx sebelumnya, kolaborasi mahasiswa UMM-SP menghasilkan alat berupa prototype dryer atau mesin pengering. Dryer ini sangat bermanfaat untuk mempercepat proses produksi miniatur truk di desa Temas, Kota Batu.

"Jadi memang fokus program ini untuk menghasilkan alat yang berguna bagi masyarakat, ingin melakukan program inovasi sosial yang cepat dan tepat kebermanfaatannya," ucapnya.

Salah seorang mahasiswa peserta LEx UMM, Miarti Amanah Riesky mengaku tertarik mendaftar LEx karena ingin menjadi mahasiswa yang lebih terbuka dengan dunia luar, baik masyarakat lokal maupun asing. " Saya juga ingin belajar memahami cara berpikir orang lain dan problem solving ,karena program ini mengajarkan kita berpikir cepat dalam menyelesaikan masalah," kata mahasiswa Hubungan Internasional UMM ini.

Tak hanya itu, sebagai bonus keikutsertaan program pengabdian masyarakat tesrebut, peserta LEx juga akan mendapatkan sertifikat yang diakui secara internasional. Nantinya, sertifikat ini dapat bermanfaat dalam berbagai hal, seperti  mendaftar beasiswa.(*)

Pewarta: Endang Sukarelawati

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017