Hong Kong (Antara/Reuters) - Shanghai SIPG mencapai semifinal Liga Champions Asia untuk pertama kalinya pada Selasa, ketika mereka mengalahkan sesama tim Liga China Guangzhou Evergrande dengan skor 5-4 melalui adu penalti setelah menyia-nyiakan keunggulan empat gol yang mereka kantungi pada leg pertama. 
  
Pemain Guangzhou Ricardo Goulart, yang mengukir trigol dalam rentang waktu 120 menit, gagal mengonversi tendangan penalti pertama untuk membuat Yu Hai mengemas gol kemenangan bagi SIPG pada akhir pertandingan perempat final yang berakhir agregat 5-5.

SIPG asuhan Andre Villas-Boas memimpin 4-0 pada leg pertama, namun Goulart dan Alan Carvalho masing-masing mengemas dua gol untuk Guangzhou asuhan Luiz Felipe Scolari untuk membuat pertandingan ini harus diteruskan ke masa perpanjangan waktu.

Hulk mengemas gol vital untuk SIPG pada menit kelima babak kedua masa perpanjangan waktu, namun Goulart kembali membuat skor agregat menjadi imbang saat laga menyisakan dua menit ketika ia membukukan gol dari titik penalti.

Ia kemudian gagal melakukan hal pertama empat menit kemudian saat menjadi algojo pertama dalam adu penalti.

Pemain pengganti Yu Hai mencetak gol penalti terakhir untuk mengirim SIPG ke semifinal, di mana mereka akan bertemu Urawa Reds Diamonds atau Kawasaki Frontale, keduanya berasal dari Jepang.

Pemain-pemain impor mahal SIPG Oscar dan Hulk -- yang total didatangkan dengan biaya transfer 115 juta euro -- relatif tidak menonjol sepanjang pertandingan ketika Evergrande mendominasi sejak awal sampai akhir.

Alan mengemas gol pertama Guangzhou pada menit ke-21 ketika ia mengecoh kiper lawan sebelum menggulirkan bola ke gawang, dan ia kembali membukukan gol 14 menit kemudian untuk menghidupkan harapan Evergrande.

Serangkaian peluang yang gagal dimaksimalkan mengindikasikan Evergrande akan terpuruk, namun Goulart membukukan gol melalui sundulan kepala tujuh menit sebelum waktu normal usai untuk menghidupkan kembali upaya timnya.

Pemain Brazil itu kembali membawa pertandingan menuju perpanjangan waktu ketika ia mengarahkan umpan silang Li Xuepeng melewati Yan Junling ketika pasukan Scolari mewujudkan kebangkitannya.

Tugas SIPG semakin berat ketika Wang Jiajie diusir keluar lapangan pada menit ketujuh babak pertama masa perpanjangan waktu, setelah mendapatkan kartu kuning kedua sebelum Hulk dan Goulart bertukar gol pada sepuluh menit terakhir periode tambahan waktu.

 Klub Arab Saudi Al Hilal mengamankan tempat mereka di semifinal dengan kemenangan 3-0 atas Al Ain pada leg kedua perempat final mereka di Riyadh pada Senin, di mana ketiga gol diciptakan Carlos Eduardo.

Kedua tim, yang bertemu di semifinal tahun lalu ketika Al Ain menjadi pemenang kala itu, bermain imbang tanpa gol di Uni Emirat Arab bulan lalu, namun Eduardo membawa Al Hilal berada di jalur untuk mengamankan gelar level benua pertama mereka sejak menjuarai Kejuaraan Klub Asia pada 2000.

"Saya begitu bertekad untuk memenangi gelar Liga Champions Asia bersama Al Hilal, karena ini merupakan satu-satunya turnamen yang belum mampu saya capai dengan tim saya," kata pemain Brazil 27 tahun Eduardo.

Al Hilal akan bermain melawan pemenang pertandingan antara Al Ahli dari Arab Saudi melawan klub Iran Persepolis, di mana kedua tim bermain imbang 2-2 pada leg pertama. (*)

Pewarta: Supervisor

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017