Probolinggo (Antara Jatim) - Petinju Kabupaten Probolinggo yakni M. Faisol Firmansyah asal SMAN 1 Leces akan berlaga pada Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2017 mewakili Jawa Timur di Semarang, Jawa Tengah, 12-20 September 2017.

Ketua Umum Pengurus Kabupaten Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Kabupaten Probolinggo Sigit Sumarsono, Senin, mengatakan Faisol akan turun dalam kelas 52 kilogram akan bergabung bersama dengan empat atlet tinju lain di Jawa Timur yakni Veronika dari Ngawi (45 kg), Nevi Anggi L dari Ngawi (54 kg), Zanwar Irvani dari Batu (45 kg) dan Alexandro T dari Ngawi (49 kg).

"Setelah sukses meraih medali emas cabang olahraga (cabor) tinju pada Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) tahun 2017, kami meminta agar Faisol selalu menjaga nama baik Kabupaten Probolinggo dan bermain dengan sebaik-baiknya," katanya di Probolinggo.

Faisol sudah dilepas secara resmi oleh Ketua Umum Pengkab Pertina Kabupaten Probolinggo Sigit Sumarsono didampingi Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Disporaparbud (Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan) Kabupaten Probolinggo I Wayan Riasa Yana dan pelatih tinju Kabupaten Probolinggo Mugiarso.

Menurut Sigit, Pertina sangat berharap banyak kepada cabor tinju karena dari sisi atlet untuk mengembangkan diri dan pemerintah untuk membina generasi muda, agar berbuat hal yang positif sehingga membawa nama baik Kabupaten Probolinggo di tingkat regional maupun nasional.

"Saya berpesan agar Faisol meminta doa orang tua, guru, dan orang-orang yang telah membesarkannya. Mohon doa dan dukungan dari seluruh masyarakat Kabupaten Probolinggo, agar Faisol bisa bermain baik dan meraih medali emas," tuturnya.

Hal senada disampaikan oleh Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Disporaparbud Kabupaten Probolinggo I Wayan Riasa Yana meminta Faisol untuk menjadikan Popnas 2017 untuk meningkatkan kemampuan dan menambah jam terbang di level nasional sehingga lebih matang di masa mendatang.

"Mudah-mudahan dalam Popnas tahun 2017, Faisol mampu mempersembahkan juara dan meraih medali emas bagi Provinsi Jawa Timur dan Kabupaten Probolinggo," katanya.

Sementara Pelatih Tinju Kabupaten Probolinggo Mugiarso mengatakan anak asuhnya sudah melakukan persiapan selama tiga bulan terakhir untuk menghadapi Popnas tahun 2017 dengan penambahan porsi latihan dari sebelumnya.

"Kami juga sudah melakukan pembenahan atas kekurangan yang terjadi pada Popda Jatim di antaranya mental, penambahan pukulan dan kecepatan dan pertahanan. Dari semua persiapan yang dilakukan, kami optimis bisa meraih medali emas," tuturnya.

Faisol mengaku sudah siap lahir dan batin berlaga pada Popnas tahun 2017 di Semarang untuk menghadapi kejuaraan tersebut dan petinju asal Desa Malasan Wetan Kecamatan Tegalsiwalan itu juga sudah berlatih keras untuk bisa memberikan yang terbaik bagi Kabupaten Probolinggo di kancah nasional. 

"Saya akan berusaha menampilkan kemampuan terbaik demi meraih medali emas bagi Kabupaten Probolinggo," katanya.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017