Surabaya (Antara Jatim) - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengharapkan para pelajar di Kota Pahlawan bisa saling menularkan pesan dan semangat positif kepada teman-teman pelajar lainnya.
     
Tri Rismaharini, di Surabaya, Senin, mengatakan penanganan anak-anak zaman sekarang dengan dahulu sangat berbeda karena adanya keterbukaan dalam mencari, menyerap teknologi dan informasi sehingga persaingan ke depan akan terasa sangat berat, khususnya dalam mencari pekerjaan. 

"Sudah saatnya para pelajar tidak lagi enak-enakan dan harus pintar atur waktu kalau mau jadi tuan dan nyonya di tanahnya sendiri," katanya. 

Hal ini juga pernah disampaikan Risma dihadapan ratusan perwakilan organisasi pelajar SMP negeri, swasta dan madarasah se-Surabaya (ORPES) dan pengurus OSIS dalam acara Pagelaran Talenta Seni dan Kreativitas Siswa di Gedung Siola, Sabtu (9/9). 

Risma menekankan para pelajar harus bekerja keras dan jangan takut atau lari ketika mendapat masalah. "Hadapilah itu, karena ketika kalian mendapat masalah disitulah kalian menemukan kesuksesan," kata Risma.

Menurut wali kota, godaan bagi anak-anak era sekarang sangat besar. Selain godaan kenakalan remaja dan narkoba juga ada bahaya pengunaan gadget. Karenanya wali kota meminta orang tua dan tenaga pendidik untuk saling mengingatkan agar waktu anak-anak ketika belajar tidak terbuang hanya karena lebih mengutamakan gadget ketimbang belajar. 

"Saya ingin anak-anak Surabaya bisa sejajar dan bersanding dengan anak anak di dunia, asalkan ada kemauan untuk berusaha dan bekerja keras. Semua ini untuk masa depannya," katanya.

Kepala Dinas Pendidikan Surabaya Ikhsan mengatakan setiap tahun perwakilan pelajar SMP yang terdiri dari pengurus-pengurus OSIS sekolah dan Organisasi Pelajar se-Surabaya (ORPES) membuat kegiatan untuk menggugah semangat para pelajar. 

Tahun ini, lanjut Ikhsan, ada kegiatan yang dilakukan ORPES yakni SuroHOPE dan SHAREboyo. Untuk SuroHOPE siswa-siswi diminta menuliskan harapan dan cita-cita mereka di banner yang sudah disediakan sedangkan SHAREboyo pelajar surabaya berbagi dengan teman-teman di surabaya yang lain. 

"Khusus SHAREboyo, nantinya mereka akan menyumbangkan buku sebanyak 11.309 kepada PKBM dan PBM yang ada di taman baca," kata Ikhsan.  

Lewat acara ini, Ikhsan berharap supaya seluruh pelajar bisa menularkan pesan dan semangat yang sudah disampaikan Wali Kota Surabaya kepada teman-teman lain yang ada di sekolahnya. 

"Karena mereka ini pemimpin-pemimpin yang tergabung dalam anggota OSIS di sekolahnya masing-masing, maka pesan yang akan disampaikan akan cepat diterima dan diresapi oleh teman-temannya," ujarnya. (*)

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017