Banyuwangi, 31/8 (Antara) - PT Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (ASDP) Indonesia Ferry Ketapang menyiagakan sebanyak 32 kapal baik kapal untuk mengangkut penumpang maupun kendaraan menjelang Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriah.

"Kapal yang dioperasikan sebanyak 32 armada yang terdiri dari 20 armada di dermaga "Movable Bridge" (MB) dan Ponton, sedangkan 12 kapal di dermaga "landing craft machine" (LCM)," kata General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Ketapang Elvi Yoza di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis.

Menurutnya libur Idul Adha bertepatan dengan libur panjang akhir pekan, sehingga diprediksi terjadi lonjakan penumpang dibandingkan hari normal dan libur akhir pekan karena banyak warga yang bekerja di Pulau Bali akan pulang ke Pulau Jawa.

"Di Pelabuhan Gilimanuk sudah ditambah dua loket untuk sepeda motor, sehingga kini ada empat loket yang melayani kendaraan roda dua untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan roda dua yang mengalir dari Pulau Dewata," tuturnya.

Sedangkan di area Pelabuhan Ketapang Banyuwangi akan dilakukan penambahan loket pada saat masa arus balik liburan Idul Adha yang diprediksi puncaknya terjadi pada Minggu (3/9).

Hingga Kamis siang, lanjut dia, terpantau kendaraan dan penumpang ramai lancar, namun tidak ada penumpukan kendaraan maupun penumpang karena semuanya terlayani dengan baik dan bisa menyeberang dari Pulau Jawa menuju Pulau Bali atau sebaliknya.

"Di Pelabuhan Gilimanuk juga sudah disiagakan sejumlah tenda-tenda untuk mengantisipasi lonjakan penumpang dan sejauh ini jalur penyeberangan di Selat Bali itu berjalan lancar," katanya.

Data produksi operasi angkutan Idul Adha pada 30 Agustus 2017 pukul 08.00 WIB hingga 31 Agustus 2017 pukul 08.00 WIB tercatat di Pelabuhan Ketapang kapal yang beroperasi sebanyak 32 kapal dengan jumlah perjalanan 268 trip yang mengangkut penumpang 14.057 orang, kendaraan roda dua sebanyak 974 unit, dan kendaraan roda empat atau lebih sebanyak 3.281 unit.

Sedangkan di Pelabuhan Gilimanuk tercatat jumlah kapal yang beroperasi 30 armada dengan jumlah perjalanan 259 trip yang mengangkut penumpang sebanyak 27.890 orang, kendaraan roda dua 5.425 unit, dan kendaraan roda empat atau lebih sebanyak 3.903 unit.(*)  

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017