Surabaya (Antara Jatim) - Dewan Pimpinan Wilayah Partai Amanat Nasional bersiap melamar kandidat yang akan diusung pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Timur 2018.

"PAN yang akan melamar kandidat untuk diusung sebagai bentuk penghormatan kepada yang bersangkutan," ujar Wakil Ketua DPW PAN Jatim Achmad Rubaie ketika dikonfirmasi wartawan di Surabaya, Selasa.

Menurut dia, mekanisme partainya tidak mengharuskan membuka proses penjaringan melalui pendaftaran pasangan bakal calon gubernur dan wakilnya seperti sejumlah partai politik lainnya.

Partainya, kata dia, lebih memilih untuk menunggu dan memantau sembari menimbang calon-calon yang menyatakan keseriusannya maju pada Pilkada pada 27 Juni 2018.

Pihaknya bahkan mengaku tak khawatir akan ditinggal partai-partai lainnya untuk berpartisipasi di Pilkada dengan alasan ingin memilih gubernur yang benar-benar bisa melanjutkan kepemimpinan Soekarwo-Saifullah Yusuf.

"Bahkan, Gubernur dan wakilnya ke depan harus lebih baik lagi dari yang sebelumnya sehingga Jatim semakin sejahtera dan makmur," ucap mantan anggota DPRD Jatim tersebut.

Disinggung sejumlah partai politik yang sudah berkomunikasi dengan PAN, politikus asal Madura itu mengaku masih melakukan koordinasi dan belum ada kepastian akan berkoalisi menentukan salah seorang kandidat.

"Nantinya PAN pasti berkoalisi karena perolehannya hanya tujuh kursi sehingga masih ada 13 kursi lain untuk dapat mengusung. Yang jelas, sekarang masih dilakukan pemantauan dan pertimbangan," katanya. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017