Sampang (Antara Jatim) - Kepala Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Sampang Firman Pria Abadi menyatakan, di wilayahnya yang merupakan bagian dari Pulau Madura, Jawa Timur, pada 17 Agustus 2017 tercatat sebanyak 15 bayi lahir.

"Ini berdasarkan laporan dari sejumlah puskesmas dan klinik yang ada di Kabupaten Sampang yang kami terima tadi sore," katanya per telepon, Jumat malam.

Bayi yang lahir pada momentum perayaan HUT Ke-72 Kemerdekaan RI tercatat mulai pukul 00.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB.

Firman menuturkan, dirinya memang sengaja, menginstruksikan kepada para bidan dan perawat puskesmas untuk mendata bayi yang lahir pada 17 Agustus.

"Kami juga memberikan hadiah khusus yang lahir pada 17 Agustus ini," tutur Firman.

Selain itu, pihaknya juga bekerja sama dengan organisasi profesi para bidan yakni Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Sampang dalam memberikan bingkisan tersebut.

Harapannya, lahirnya bayi di momen kemerdekaan itu membawa dampak positif bagi Negara Indonesia khususnya Kabupaten Sampang.

Selain memberikan bingkisan secara khusus, Dinkes Sampang juga memberikan bantuan fasilitas dan membebaskan biaya persalinan.

"Semua difasilitas pemerintah lahirnya bayi itu dan semoga ini membawa semangat Proklamasi Kemerdekaan RI," ujar Firman.

Di antara ke-15 bayi yang lahir pada 17 Agustus itu, di Puskesmas Kecamatan Ketapang anak dari Ny. Nurhemah, yang dikaruniai seorang anak perempuan dengan berat 3 kilogram, pukul 00.01 WIB. Serta, Ny. Muktiyah dikaruniai anak laki-laki dengan berat 2,6 kilogram, lahir pukul 00.45 WIB.

Lalu di Puskesmas Torjun yakni Ny Dewi, yang dikarunia anak perempuan dengan berat 2,8 kilogram, lahir pukul 00.06 WIB.

Pada pukul 08.30 WIB, lahir anak dari Ny. Siti Arukmana, yang dikaruniai anak perempuan dengan berat 3 kilogram.

Di Puskesmas Camplong Ny. Aisyatul yang dikaruniai anak perempuan dengan berat 3 kilogram, lahir pukul 01.00 WIB.

Sedangkan, untuk Puskesmas Tanjung ada Ny. Surimah / Tn. Matsudi, melahirkan anak perempuan dengan berat 2,5 kilogram, pukul 08.35 WIB.

Kemudian, di Puskesmas Kamoning Kota Sampang ada Ny. Asmaul Husna, yang dikaruniai anak perempuan dengan berat 3,5 kilogram, pukul 05.05 WIB. Wilayah Puskesmas Banyuates ada Ny. Jumiati, yang melahirkan anak perempuan dengan berat 2,8 kilogram, pukul 03.47 WIB.

Selanjutnya, Puskesmas Kedungdung ada Ny. Masruroh, melahirkan anak perempuan dengan berat 3,1 kilogram, pukul 01.00 WIB.

Puskesmas Sreseh, pukul 07.40 WIB, ada Ny. Munawaroh melahirkan anak laki-laki dengan berat 2,8 kilogram. Disusul pukul 08.45 WIB, ada anak laki-laki dengan berat 3,5 kilogram dari Ny. Nurul Laili.

Ibu yang melahirkan di RSUD Sampang, bernama Ny Muawenah dikaruniai anak laki-laki dengan berat 3 kilogram, pukul 01.45 WIB. Serta, Ny. Riskiyah lahir anak perempuan pukul 08.00 WIB, dengan berat 2 kilogram.

Lalu di Klinik Adinda Sampang, lahir seorang anak perempuan dengan berat 2,8  kilogram, pukul 10.00 WIB dari Ny. Faizah dan seorang ibu bernama Ny Riski yang melahirkan anak perempuan dengan berat 2 kilogram. (*)

Pewarta: Abd. Azis

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017