Jember (Antara Jatim) - Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 8 Semboro, Kabupaten Jember, Jawa Timur membuat diorama perjuangan untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Pembuatan diorama bertema perjuangan itu bertujuan agar pelajar lebih menghargai arti kemerdekaan dan pengorbanan para pahlawan yang telah berjuang di medan perang," kata Kepala SMKN 8 Semboro Suprihartono di Jember, Rabu.

Selama ini, lanjut dia, Dirgahayu Republik Indonesia hanya diperingati dengan melakukan upacara dan kegiatan seremonial, namun nilai-nilai perjuangan para pahlawan sering dilupakan.

"Masih banyak pelajar yang kurang memahami tentang makna perjuangan para pahlawan yang gugur di medan perang dalam merebut kemerdekaan, sehingga diharapkan dengan membuat seni instalasi itu membangkitkan jiwa nasionalisme para siswa," tuturnya.

Menurutnya latar belakang ditampilkan diorama di sekolah untuk memberikan edukasi kepada generasi muda tentang gambaran perjuangan pahlawan yang merebut kemerdekaan, sehingga pelajar diharapkan dapat menghayati perjuangan itu dengan melakukan kegiatan positif yang berguna bagi bangsa dan negara.

"Tidak hanya pelajar yang kami ingatkan untuk semangat nasionalisme, namun masyarakat yang melintas dan melihat diorama di depan sekolah diharapkan juga menghargai perjuangan pahlawan," ujarnya.

Para siswa SMKN 8 Semboro menggunakan bahan daur ulang kertas semen, jerami, dan bambu, serta bahan bekas lainnya untuk membuat seni instalasi benda atau patung miniatur tiga dimensi yang menggambarkan perjuangan pahlawan yang gugur di medan perang dalam merebut kemerdekaan.

Salah seorang pelajar SMKN 8 Semboro, Dina menyambut baik pembuatan diorama perjuangan itu, sehingga siswa bisa memahami arti perjuangan para pahlawan dan membangkitkan semangat nasionalisme.

"Kegiatan pembuatan diorama perjuangan menjadikan motivasi bagi kami untuk semangat belajar karena para pahlawan rela gugur di medan perang demi merebut Kemerdekaan NKRI," katanya.

Pembuatan seni instalasi tiga dimensi itu juga mendapat perhatian dari masyarakat yang melintas di depan SMKN 8 Semboro, bahkan tidak jarang pengendara berhenti sejenak untuk melihat atau sekedar berswafoto di depan diorama perjuangan tersebut.(*)
Video oleh: Zumrotun Solichah

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017