Surabaya (Antara Jatim) - Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Timur menginformasikan seorang calon haji dari Embarkasi Surabaya asal Nganjuk, Jatim, meninggal di Madinah, Arab Saudi, karena usianya memang sudah sepuh.     
     
Calon haji itu bernama Umi Nadhiroh Yunus Husein, usia 71 tahun, tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 5 Embarkasi Surabaya, yang berangkat pada 29 Juli lalu. 
     
"Penyakit pastinya kami belum tahu. Kami hanya menerima informasi kalau calon haji yang bersangkutan meninggal dunia, begitu saja laporannya," ujar Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Jatim Achmad Faridul Ilmi dalam jumpa pers di Surabaya, Selasa.
     
Menurut laporan yang diterima Kanwil Kemenag Jatim, Umi Nadhiroh meninggal dunia pada Senin dini hari sekitar pukul 03.30 waktu setempat. Saat itu Umi diinformasikan hendak menunaikan salat subuh di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi.
     
Korban sempat dilarikan ke rumah sakit Al Anshori  di Madinah dan sempat mendapat penanganan medis namun kemudian meninggal dunia.
     
Faridul kepada wartawan di Surabaya hanya memastikan kalau Umi memang sudah berusia sepuh.
     
"Meskipun saat berangkat kondisi kesehatannya tergolong baik tapi cuaca di Arab Saudi yang ekstrim bisa menyebabkan siapapun bisa mendadak sakit. Apalagi usianya sudah sepuh," katanya.
     
Jenazah Umi, lanjut dia, diurus oleh maktab di Arab Saudi dan dimakamkan di Kompleks Pemakaman Baqi, Madinah.
     
"Tidak mungkin jenazahnya dibawa pulang ke sini karena itu juga berkaitan dengan ibadahnya," ujarnya. 
     
Dia memastikan pemakaman Umi yang diurus oleh Maktab di Madinah juga didampingi oleh Tim Kesehatan dari kloter yang bersangkutan.
     
"Tim Pembimbing Ibadah Haji atau TPIH dari kloternya juga juga menyertai untuk mengurus sertifikat kematiannya," katanya. (*)

Pewarta: Hanif N

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017