Surabaya (Antara Jatim) - Gubernur Jawa Timur Soekarwo berpesan untuk selalu menjaga kesantunan bagi jamaah calon haji asal Jatim selama berada di Tanah Suci menunaikan ibadah haji.

"Sampaikan salam saya ke jamaah haji lainnya dan jaga kesantunan selama berada di sana," ujar gubernur di sela memberangkatkan CJH kelompok terbang satu embarkasi Surabaya di Asrama Haji Surabaya, Jumat.

Menurut dia, kesantunan adalah ciri khas dan budaya masyarakat Indonesia sehingga harus tetap dijaga dan diamalkan di manapun berada.

Orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut juga meminta para JCH menaati anjuran yang disampaikan pembimbing sehingga proses menjalankan ibadah berjalan aman, lancar dan nyaman.

Pakde Karwo, sapaan akrabnya, berharap CJH menjaga kesehatan karena cuaca di Saudi Arabia saat ini panasnya mencapai 43 derajat celcius atau jauh di atas cuaca di Surabaya yang mencapai 33 derajat celcius.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama provinsi Jawa Timur Syamsul Bahri mengatakan hari ini diberangkatkan tiga kloter yang jumlah totalnya 1.335 orang CJH asal Kediri dan Surabaya.

"Kloter 1 dan 2 jumlahnya 445 orang, kloter 3 sebanyak 358 orang dan ditambah dari Surabaya 87 orang. Syukurlah proses keberangkatan lancar dan tak ditemui kendala apapun," katanya.

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya pada 2017 memberangkatkan sebanyak 36.640 calon jamaah haji yang berasal dari tiga wilayah provinsi, rinciannya dari Provinsi Jawa Timur sebanyak 35.270 orang, Provinsi Bali 700 orang dan Provinsi Nusa Tenggara Timur 670 orang.

"Embarkasi Surabaya secara keseluruhan terdapat 83 kloter. Kloter pertama berangkat tanggal 27 Juli dan kloter terakhir berangkat pada 26 Agustus. Mohon doanya agar semuanya berjalan lancar," katanya.

Sementara itu, salah seorang CJH asal Kediri, Purwati Asmuni, mengucapkan syukur karena akan berangkat ke Tanah Suci menunaikan ibadah haji.

"Alhamdulillahirabbil'alamin akhirnya saya mendapat kesempatan untuk pergi haji. Semoga semua lancar dan mohon doanya semoga menjadi haji mabrur," ucap CJH yang menunggu daftar antrean sejak 2009 tersebut. (*)
Video Oleh: Fiqih Arfani

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017