Surabaya (Antara Jatim) - Bank Rakyat Indonesia (BRI) telah menyalurkan kredit ke sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Jawa Timur dengan "outstanding" sebesar Rp58 triliun hingga akhir triwulan II tahun 2017.

"Rinciannya BRI Kanwil Surabaya Rp26 triliun dan Kanwil Malang Rp32 triliun," ujar Kepala Bagian Bisnis Mikro BRI Kanwil Surabaya Dani Wildan kepada wartawan di sela konferensi pers persiapan Pameran Koperasi dan UMKM di Surabaya, Senin.

Menurut dia, BRI sebagai BUMN terkemuka di Indonesia, terutama menjelang usianya yang ke-122, tetap fokus dan konsisten melayani pelaku UMKM dengan harapan terus berkembang.

Selain menyalurkan kredit ke pelaku UMKM, kata dia, BRI  terlibat aktif dalam berbagai kegiatan pengembangannya, termasuk mendukung Pameran Koperasi dan UMKM yang digelar 26-30 Juli 2017.

Tak itu saja, ia juga menyampaikan bahwa BRI menawarkan "Integrated Banking Solution" kepada pelaku UMKM yang dalam pengembangannya tak terfokus pada pembiayaan saja, namun berkompeten melayani transaksi finansial.

"Pelaku UMKM dan masyarakat diberikan kemudahan melakukan transaksi kapan pun dan di mana pun melalui jaringan 'e-channel' dan gawai. Tentu dengan fitur-fitur transaksi yang tersedia," katanya.

Berikutnya, lanjut dia, dalam melayani pelaku usaha kecil menengah, BRI mendukung sektor perdagangan luar negeri melalui pelayanan "letter of credit", Surat Kredit Berdokumen Dalam Negeri (SKBDN), transaksi valuta asing dan penukaran yang dapat dilayani melalui jaringan kerja BRI se-Indonesia.

Sementara itu, kehadiran BRI di Pameran UMKM merupakan wujud nyata konsistensi kepada sektor tersebut sekaligus bukti kedekatan dengan masyarakat.

"Ini juga menjadi bentuk dukungan program pemerintah daerah karena BRI memberikan layanan perbankan dengan mendirikan unit kerja hingga pelosok daerah," katanya.

Pameran UMKM sendiri dijadwalkan akan dibuka langsung oleh Menteri Koperasi dan UMKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga dan Gubernur Jatim Soekarwo pada Rabu, 26 Juli, di Grand City Convex, Jalan Wali Kota Mustajab Surabaya.

Pameran yang menghadirkan produk unggulan koperasi dan UMKM dalam maupun luar Jawa Timur tersebut diikuti 220 stan dari berbagai instansi, antara lain Dekranasda berbagai daerah, UKM Binaan, perusahaan perbankan dan jasa hingga mitra lainnya. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017