Malang (Antara Jatim) -  Universitas Muhammadiyah Malang (UMM),  Senin, memberangkatkan 20 orang siswa SMA sederajat dari berbagai daerah untuk mengikuti program "Summer Camp" di Tiongkok selama dua pekan, 26 Juli-6 Agustus 2017.

Ke-20 siswa SMA yang diberangkatkan ke Negeri Tirai Bambu itu adalah mereka yang memenangkan kompetisi National Chinese Competion, yakni lomba pengetahuan umum Tiongkok yang diadakan UMM bekerja sama dengan Confucius Institute.

"Mereka yang lolos (20 siswa SMA) ini setelah mampu menyisihkan 2.369 peserta dari berbagai daerah di Tanah Air yang mengikuti kompetisi. Mereka akan mengikuti program summer camp selama dua pekan di Tiongkok," kata Koordinator China Corner UMM Karina Sari di sela pemberangkatan ke-20 siswa SMA tesrebut di kampus setempat.

Karina menerangkan selama dua pekan, 24 Juli-6 Agustus 2017, selain mengenal lebih dekat kebudayaan dan bahasa Tiongkok, para pelajar itu juga akan diajak mengunjungi sejumlah tempat ikonik di Tiongkok, seperti The Great Wall (Tembok Besar China) dan Tiananmen Square.

Selain itu, lanjutnya, ke-20 peserta tersebut juga diajak mengunjungi pameran pendidikan di sejumlah perguruan tinggi yang ada di Tiongkok.

Lomba yang diadakan Februari hingga April 2017 itu merupakan program kolaborasi antara UMM dan Konsulat Jenderal China melalui Confucius Institute. Kompetisi yang diadakan kali ketiga ini diselenggarakan di UMM dan merupakan bentuk kepercayaan Confusius Institute kepada UMM.

Sementara itu, Asisten Rektor Biang Kerja Sama UMM Suparto mengatakan kompetisi yang digelar di UMM ini sama dengan yang digelar Konsulat Jenderal China di Surabaya akhir tahun lalu. Dalam kompetisi itu, tiga mahasiswa UMM berhasil meraih juara pertama dan ketiga.

Bahkan, lanjut Suparto, UMM juga meraih juara untuk kategori perguruan tinggi dengan peserta lomba terbanyak, yakni 332 mahasiwa. "Harapan kami, ke depan kompetisi serupa juga masih tetap digelar agar lebih banyak lagi siswa SMA di Tanah Air yang mengenal budaya dan bahasa Tiongkok dan sebaliknya," ucapnya.

Salah seorang peserta, George Geraldo, siswa SMK Kristen Imanuel Pontianak, Kalimantan Barat mengungkapkan rasa syukurnya masuk dalam daftar pelajar yang diberangkatkan. "Sepulang dari Tiongkok, saya ingin memotivasi teman-teman saya untuk juga bisa berangkat ke Negeri Tirai Bambu tersebut," ujarnya.(*)

Pewarta: Endang Sukarelawati

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017