Situbondo (Antara Jatim) - Sekitar dua hektare (ha) hutan di Desa Klatakan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Sabtu (22/7) malam hingga Minggu dini hari terbakar.

"Setelah mendapatkan informasi dari masyarakat terkait dengan kebakaran hutan di Gunung Gundil, Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, kami bersama petugas lainnya mendatangi sekitar lokasi kebakaran untuk pemantauan," ujar Koordinator Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Situbondo, Puriyono di Situbondo, Minggu pagi.

Ia mengemukakan, saat petugas BPBD tiba di sekitar lokasi kebakaran hutan juga langsung berkoordinasi dengan pihak Perhutani setempat beserta Forum Pimpinan Kecamatan (Forpimka).

Dari hasil koordinasi dengan pihak Perhutani, katanya, petugas Perhutani belum bisa memastikan penyebab terbakarnya hutan tersebut dan masih akan dilakukan penyelidikan.

"Dari hasil keterangan warga, kebakaran hutan ini terjadi sejak Sabtu (22/7) malam sekitar pukul 23.00 WIB dan hingga Minggu dini hari pukul 04.00 WIB api masih terlihat. Dan kami tidak bisa melakukan tindakan pemadaman karena tidak ada akses jalan karena lokasi kebakaran di atas puncak," ucapnya.

Puriyono menjelaskan, kebakaran hutan yang terjadi di Gunung Gundil Desa Klatakan itu terjad tepatnya di petak 44 dan dari pantauan satelite berada pada koordinat -7.700583, 113.905038.

"Kami mengimbau kepada masyarakat khususnya yang baisa mencari kayu bakar agar tidak membuang puntung rokok sembarangan, karena khawatir menjadi penyebab kebakaran hutan pada musim kemarau," katanya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017