Gresik (Antara Jatim) - Pemerintah Kabupaten Gresik, Jawa Timur, telah menyiapkan sejumlah sarana untuk mendukung Kejuaraan Bola Voli Asia Putra ke-19 atau "The 19th Asian Senior Men`s Volleyball Championship" yang akan digelar di wilayah itu, Senin (24/7).

Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Gresik, Suyono, di Gresik, Sabtu, mengaku pihak pemerintah daerah juga sudah melakukan koordinasi dengan meninjau sarana yang akan digunakan para atlet voli Asia itu.

"Kami melalui dinas-dinas terkait juga sudah melakukan koordinasi dengan panitia penyelenggara terkait sarana prasarana tempat berlangsungnya pertandingan," katanya.

Seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, kata dia, yang sudah menyiapkan pemasangan Air Conditioner (AC) dengan kapasitas 25 pk sebanyak 40 unit, sesuai kebutuhan.

"Terkait dengan ruangan di antaranya ruang ganti para pemain dan para wasit, toilet dan sejumlah ruangan lainnya, kami sedang progres dan saat ini telah mencapai 95 persen. Hanya perlu dipoles di sejumlah titik saja," katanya.

Suyono mengatakan, sebelumnya Bupati Gresik Sambari Halim Radianto mengaku bangga wilayah setempat dijadikan sebagai tuan rumah kejuaraan bola voli tingkat internasional.

"Dua venue yang kami tawarkan telah memenuhi syarat untuk menggelar pertandingan berkelas internasional yakni Gedung Wahana Ekspresi Poesponegoro dan GOR Tri Dharma Petrokimia Gresik," katanya.

Oleh karena itu, Suyono meminta melalui kejuaraan ini bisa memacu prestasi para atlet Tanah Air dan berimbas positif terhadap roda perekonomian masyarakat.

"Kami mengajak masyarakat Gresik untuk turut berpartisipasi dalam menyemarakkan event ini. Ini kesempatan bagi masyarakat Gresik untuk turut menyaksikan karena yang ikut adalah tim-tim terbaik Asia," katanya.

Sementara itu, rencananya Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian akan membuka kejuaraan ini, sekaligus menyaksikan langsung laga perdana Timnas Putra Bola Voli Indonesia melawan Arab Saudi.

Asian Senior Men`s Volleyball Championship ke-19 akan digelar di dua tempat yakni GOR Petrokimia dan GOR Wahana Eskpresi Pusponegoro tanggal 24 Juli sampai 1 Agustus 2017.

Sedangkan 16 negara ikut dalam kejuaraan ini yaitu Arab Saudi, Australia, Tiongkok, Hongkong, Indonesia, Irak, Iran, Jepang, Korea, Kazakhtan, Pakistan, Qatar, Srilangka, Thailand, Vietnam dan Taipe.

Dari total 16 negara yang ikut, dua negara merupakan pesaing Tim Putra Voli Indonesia pada SEA Games XXIX/2017, yakni Thailand dan Vietnam.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017