Surabaya (Antara Jatim) - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini akan menjadi pembicara di hadapan para pelajar Indonesia dalam acara Indonesian Scholars International Convention - Simposium Internasional (ISIC-SI) di University of Warwick Conventry, Inggris, pada 23-27 Juli 2017.
     
Kabag Humas Pemkot Surabaya M. Fikser, di Surabaya, Selasa, mengatakan wali kota diminta membagikan ilmu dan pengalamannya sekaligus mempersiapkan pelajar Indonesia yang tersebar di seluruh dunia untuk menjadi pemimpin bangsa di masa depan. 

"Bagi mereka, kehadiran Wali Kota Tri Rismaharini sangat berarti karena dapat memberi motivasi dan inspirasi bagi para pelajar Indonesia di luar negeri. Terlebih lagi, Bu Risma juga pernah berkuliah di Belanda. Sehingga nanti beliau dapat saling berbagi pengalaman dengan para mahasiswa itu," katanya.

Menurut dia, acara ini digelar atas kerja sama Perhimpunan Pelajar Indonesia di Britania Raya (PPI UK) dan Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia (PPI Dunia) dengan melibatkan perwakilan dari 51 PPI negara. 

"Total ada 4.000 pelajar Indonesia dengan rincian 800 mahasiswa sarjana, 2.800 mahasiswa pascasarjana dan 400 mahasiswa doktoral," kata Fikser. 

Seperti diketahui sebelumnya sejak Maret hingga awal Juli 2017 wali kota sudah tujuh kali diminta menjadi pembicara di seminar atau acara internasional.  "Bulan Maret di Johanesburg, April di Filipina dan Belanda, Mei di Inggris (London dan Liverpool), Juni di Kanada dan Belgia, terakhir bulan Ramadhan di Perancis," katanya.    

Ia mengatakan undangan menjadi pembicara di forum internasional terus mengalir ke meja Risma,  seperti China, Korea Selatan dan Amerika Serikat tercatat sudah mengirimkan surat resmi ke Risma.

"Khusus Amerika Serikat, ibu akan menjadi pembicara di gedung PBB terkait implementasi New Urban Agenda di Kota Surabaya," ujarnya. (*)

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Akhmad Munir


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017