Surabaya (Antara Jatim) - Maskapai berbiaya murah (Low Cost Carrier) anak perusahaan Garuda Indonesia, Citilink menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kota Surabaya salah satunya terkait pemenuhan kebutuhan pilot atau penerbang Citilink.   
     
"Pemkot telah menyediakan resources (sumber daya) saat ini, kemudian kami akan mengembangkan calon-calon pilot itu sampai nanti bisa menerbangkan pesawatnya Citilink," kata Dirut Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo saat melakukan penjajakan kerja sama dengan Pemkot Surabaya di ruang kerja Wali Kota Surabaya, Kamis.

Menurut dia, ada lima calon pilot warga Surabaya yang selama ini disekolahkan Pemkot Surabaya. Mereka akan selesai pendidikannya sebagai penerbang sekitar November 2017.

"Kami akan merekrutnya sebagai penerbang Citilink," katanya.

Tentunya, lanjut dia, pihaknya akan menambahkan pendidikan untuk kelengkapan sebagai pilot sehingga mereka bisa menerbangkan pesawat seperti jenis pesawat yang sekarang dipakai Citilink.

Selain itu, lanjut dia, Pemkot Surabaya juga membuka akses Citilink untuk bisa bekerja sama dan berkontribusi dengan para Usha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Surabaya.

"Konsepnya UMKM Surabaya kan bagus produknya, nanti kami akan jadikan produknya untuk diberikan ke penumpang di pesawat. Kami kan juga menjual makanan di dalam pesawat. Tapi tentunya kami seleksi dulu produk mereka," ujarnya.  

Citilink juga memberikan kemudahan kepada pihak-pihak yang bekepentingan dengan UMKM untuk melakukan perjalanan dinasnya seperti ke Jakarta atau daerah lainnya dengan mengunakan Citilink.

"Bahkan untuk kegiatan tahunan pemkot baik sekala nasional maupun internasional, kami juga menjajaki promosi bersama pemkot," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengatakan Citilink menjadi patner atau mitra Pemkot Surabaya untuk semua kegiatan di Surabaya baik tingkat nasional maupun internasional.  

"Untuk 2017, banyak kegiatan di Surabaya. Agustus ada empat kegiatan internasional, Juli ini ada satu kegiatan. Itu semua akan bekerja sama dengan Citilink. Citilink akan prmosikan pruduk-produk UMKM Surabaya," katanya.

Mengenai pilot yang dibutuhkan Citilink, Risma mengatakan sudah menyiapkan lima calon pilot yang saat ini masih sekolah penerbangan dan sesuai rencana akan lulus pada Oktober 2017.  

"Mereka semua diterima di Citilink. Tapi mungkin November baru mulai karena menunggu pendatangan kerja sama dengan Citilink," katanya. (*)
Video oleh: Abdul Hakim

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Akhmad Munir


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017