Sumenep (Antara Jatim) - Harga cabai merah kecil biasa dan cabai merah besar biasa di Pasar Anom Baru di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, turun usai masa Lebaran 2017 diduga akibat normalnya permintaan dari konsumen.

"Harga cabai kecil yang sebelumnya Rp30 ribu per kilogram turun menjadi Rp25 ribu dan cabai besar Rp16 ribu dari sebelumnya Rp20 ribu," ujar Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumenep, Sukaris di Sumenep, Kamis.

Sesuai laporan hasil pemantauan dari staf Disperindag Sumenep pada Kamis ini, terdapat enam komoditas yang harganya berfluktuasi.

Selain cabai kecil dan besar, harga telur ayam ras dan tomat juga turun, yakni dari Rp20 ribu per kilogram menjadi Rp19 ribu (telur ayam ras) dan tomat dari Rp7 ribu menjadi Rp6.500.

"Informasi dari pedagang, pasokan cabai ke Sumenep lancar dan selanjutnya stok aman. Selain itu, permintaan cabai setelah masa Lebaran kembali normal," kata Sukaris, menerangkan.

Sementara harga dua komoditas lainnya tercatat naik, yakni bawang merah dari Rp28 ribu per kilogram menjadi Rp30 ribu dan wortel dari Rp14 ribu menjadi Rp15 ribu.

Untuk harga komoditas lainnya terpantau stabil dibanding sebelumnya, di antaranya beras tetap pada kisaran Rp8.500 hingga Rp9.500 per kilogram, gula pasir Rp12.500, minyak goreng curah Rp12 ribu, dan mentega curah Rp21 ribu.

Harga daging sapi juga stabil Rp110 ribu per kilogram, daging ayam kampung Rp75 ribu, dan daging ayam broiler Rp32 ribu.

Staf Disperindag Sumenep memantau harga komoditas setiap hari di dua pasar di Kecamatan Kota, yakni Pasar Anom Baru sebagai lokasi utama dan Pasar Bangkal Baru sebagai pembanding. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017