Surabaya (Antara Jatim) - Pemuda Putra Surabaya (Pusura) membentuk Tim Reaksi Cepat (TRC) untuk membantu Tim SAR dan pihak terkait dalam rangka melaksanakan tugas-tugas sosial kemanusiaan seperti penanganan bencana alam, pencarian orang hilang serta lainnya.
     
"Beberapa waktu lalu TRC juga membantu penanganan bencana alam di Ponorogo," kata Ketua Pemuda Pusura Hosli Abdullah kepada Antara di Surabaya, Senin.

Selain itu, lanjut dia, baru-baru ini TRC juga melakukan pertemuan dengan danramil, polsek dan aparat terkait di Kabupaten Bojonegoro dalam rangka misi kemanusian pencarian orang hilang. 

Orang yang dimaksud merupakan salah satu sopir perusahaan di Bandara Juanda yang hilang beberapa hari lalu. TRC membantu pencarian orang tersebut.   

"Saat ini dalam proses persiapan pencarian," katanya.

Menurut dia, terbentuknya TRC pada Mei 2017 atas dasar keinginan Pemuda Pusura yang ingin membantu persoalan yang bersifat sosial kemasyarakatan.  

"Ini untuk meningkatan rasa kepedulian dan gotong royong terhadap sesama," ujarnya.

Untuk itu, lanjut dia, pihaknya berharap TRC bisa menjalin komunikasi dengan komunitas lainnya agar misi yang diembannya bisa mendapat kemudahan dan dukungan dari masyarakat.

Ia menilai banyak pemuda sekarang yang acuh terhadap lingkungan sekitar serta terkikisnya etika dan sopan santun karena era modernisasi. Untuk itu, Pemuda Pusura mempunyai tugas mengembangkan budaya bangsa Indonesia berupa nilai-nilai gotong royong dan membantu sesama. (*)

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017