Sumenep (Antara Jatim) - Jajaran Kepolisian Resor Sumenep, Jawa Timur, menambah personel pengamanan di objek wisata setempat dengan mengerahkan sebagian anggota yang biasanya melakukan tugas rutin.

"Selain 210 personel pengamanan Hari Raya Idul Fitri 2017 atau Operasi Ramadniya Semeru 2017, sekitar 80 anggota yang biasanya melaksanakan tugas rutin di Mapolres Sumenep juga dilibatkan dalam pengamanan di Objek wisata pada Minggu ini," ujar Kabag Operasional Polres Sumenep, Kompol Ashar Yelly melalui telepon, Minggu.

Polres Sumenep memperkirakan pada Minggu ini akan menjadi puncak kunjungan wisatawan ke objek wisata selama masa Lebaran 2017.

Secara keseluruhan terdapat 11 objek wisata di Sumenep yang diprediksi polisi akan ramai dikunjungi wisatawan pada masa Lebaran.

Sejak "H-1" Lebaran 2017, polisi pun telah mendirikan pos pantau dan menyiagakan puluhan personel di puluhan objek wisata tersebut, di antaranya Pantai Lombang di Kecamatan Batang Batang, Pantai Slopeng di Dasuk, Telaga Kirmata di Saronggi, dan Pantai Sembilan di Pulau Giligenting.

"Pada Minggu ini, kami juga menyiagakan anggota di simpul jalan ke dan dari sejumlah objek wisata guna mengatur sekaligus mencegah kemacetan arus lalu lintas," kata Yelly, menerangkan.

Ia menjelaskan, sesuai hasil evaluasi sementara selama masa Lebaran 2017, tidak ada peristiwa menonjol yang terjadi di objek wisata.

"Alhamdulillah, sesuai laporan yang kami terima, semuanya dalam kondisi aman dan lancar. Selama masa Lebaran, jumlah kunjungan wisatawan ke sejumlah objek wisata memang dilaporkan meningkat," ujarnya. 

Polisi dibantu personel dari sejumlah instansi samping, di antaranya TNI, Satuan Polisi Pamong Praja, dan Dinas Perhubungan (Dishub) Sumenep selama masa pengamanan Lebaran. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017