Sumenep (Antara Jatim) - Kepolisian Resor Sumenep, Jawa Timur, mendirikan pos pantau di sejumlah objek wisata setempat yang diprediksi ramai dikunjungi wisatawan pada masa Lebaran 2017.

"Ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi para wisatawan sekaligus bagian dari pelaksanaan Operasi Ramadniya Semeru 2017 di Sumenep," ujar Kabag Operasional Polres Sumenep, Kompol Ashar Yelly di Sumenep, Selasa.

Sesuai hasil evaluasi pada tahun-tahun sebelumnya, sejumlah objek wisata di Sumenep biasanya ramai dikunjungi oleh para wisatawan pada masa Lebaran.

Polisi pun memprediksi sejumlah objek wisata akan ramai dikunjungi wisatawan pada masa Lebaran tahun ini, di antaranya Pantai Lombang di Kecamatan Batang Batang, Pantai Slopeng di Dasuk, dan Telaga Kirmata di Saronggi.

"Untuk objek wisata yang kami perkirakan akan ramai dikunjungi wisatawan, disiapkan atau didirikan pos pantau. Di masing-masing pos pantau itu disiagakan rata-rata sebanyak 15 personel gabungan," kata Yelly, menerangkan.

Ia menjelaskan, kedudukan pos pantau di masing-masing objek wisata dalam Operasi Ramadniya Semeru 2017 berada di bawah pos pengamanan.

Personel yang siaga di pos pantau objek wisata akan diatur dan ditentukan oleh pimpinan pos pengamaman berdasar kondisi di lapangan.

"Selama pengamanan masa Lebaran, kami dibantu oleh personel sejumlah instansi samping terkait, di antaranya TNI (Kodim 0827) dan Satuan Polisi Pamong Praja Sumenep," ujarnya. 

Sejak Senin (26/6), sejumlah objek wisata di Sumenep, di antaranya Pantai Lombang dan Pantai Slopeng, mulai dipenuhi oleh wisatawan. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017