Sidoarjo (Antara Jatim) - Bupati Sidoarjo, Jawa Timur Saiful silau memberangkatkan peserta mudik gratis denga menggunakan 25 bus yang diberangkatkan dari pendopo kabupaten setempat menuju ke tempat tujuan masing-masing.

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah, Jumat mengatakan, mudik gratis yang digelar pemerintah daerah sudah dilakukan setiap tahunnya dan tahun ini lebih banyak dibandingkan pemberangkatan tahun lalu. 

"Sekarang, ada sekitar 1.500 an pemudik yang diikutkan melalui mudik gratis. Lebih banyak tahun ini, tahun kemarin hanya 1.200," katanya di Sidoarjo.

Ia mengatakan, sebanyak 25 bus untuk mudik gratis diberangkatkan dengan tujuan berbeda-beda seperti Mojokerto, Nganjuk, Jombang, Probolinggo, Blitar sampai dengan tujuan Banyuwangi dan diharapkan bisa membantu masyarakat yang hendak mudik ke kampung halaman. 

"Semoga tahun depan bisa bertambah kuotanya. Dan semakin banyak menarik minat masyarakat untuk mudik lebaran," ujarnya. 

Sementara itu, Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) wilayah Sidoarjo, Frangky Effendy mengatakan pada kegiatan mudik gratis yang digelar Pemerintah Sidoarjo memberikan banyak manfaat seperti mengurangi kemacetan saat mudik lebaran. 

"Kegiatan ini sangat bagus dan patut diapresiasi karena salah satunya bisa mengurangi tingkat kemacetan yang ada di jalan raya," ujarnya.

Namun demikian, kata dia, yang harus diperhatikan dalam kegiatan mudik gratis adalah tentang kelayakan armada bus supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat perjalanan. 

"Kalau perlu uji tes kesehatan bagi sopir bus supaya penumpang yakni masyarakat yang hendak pulang ke kampung halaman bisa sampai dengan selamat," katanya.

Untuk bisa mengikuti mudik gratis ini, para peserta cukup menyerahkan fotokopi identitas yang kemudian didata untuk menuju ke tempat tujuan masing-masing.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017