Sidoarjo (Antara Jatim) - Kepala Terminal Purabaya Surabaya, di Bungurasih Sidoarjo, Jawa Timur, Hardjo memprediksikan jumlah penumpang bisa mencapai 61 ribu orang pada H-2 Lebaran.

Hardjo, Kamis mengatakan, prediksi tersebut didasarkan  para pekerja sudah libur pada H-2 Lebaran.

"Pada H minus 2 Banyak pekerja yang sudah libur, sehingga banyak yang sudah mudik libur untuk merayakan lebaran di kampung halamannya masing-masing," ujarnya di Sidoarjo.

Ia mengemukakan, terkait dengan adanya penumpang kapal dari luar pulau yang akan menggunakan sarana angkutan bus, dirinya menyatakan sudah menginstruksikan kepada jajarannya.

"Kami akan menyiagakan petugas di tempat kedatangan bus kota dan juga di sepanjang lorong bus kota untuk membantu penumpang, khususnya yang berasal dari luar pulau ini," ujarnya.

Ia mengatakan, dengan menyiagakan petugas tersebut diharapkan para penumpang bisa lebih terarah dan tidak salah tujuan saat melanjutkan ke rute berikutnya.

"Selain itu, penyiagaan petugas ini bertujuan untuk menghindari orang-orang jahat yang memanfaatkan kelengahan dari para calon penumpang tersebut," ucapnya.

Menurtnya, saat ini petugas Terminal Purabaya juga disiagakan di setiap sudut untuk mengamati pergerakan penumpang serta menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Kalau kondisinya masih belum terjangkau oleh petugas, maka kami juga menggunakan sebanyak 35 unit kamera pengintai yang bisa digunakan untuk melihat seluruh aktivitas di dalam Terminal Purabaya ini," katanya.

Ia mengatakan, jumlah penumpang di Terminal Purabaya ini memang menurun dibandingkan dengan beberapa tahun sebelumnya yang bisa mencapai lebih dari 70 ribu orang.

"Hal ini karena banyaknya mudik gratis yang diselenggarakan oleh pemerintah atau juga oleh instansi karena banyak diminati oleh masyarakat," ucapnya. (*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017