Sumenep (Antara Jatim) - Harga daging ayam kampung di Pasar Anom Baru di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Kamis, naik menjadi Rp75 ribu per kilogram dibanding dua hari sebelumnya  Rp70 ribu.

"Permintaan komoditas tersebut menjelang Lebaran meningkat dan selanjutnya pedagang menaikkan harganya," ujar Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumenep, Sukaris di Sumenep.

Selain daging ayam kampung, harga dua komoditas lainnya juga naik, yakni cabai merah kecil biasa dan cabai merah besar biasa.

Harga cabai kecil yang sebelumnya Rp27 ribu per kilogram menjadi Rp40 ribu dan cabai besar dari Rp23 ribu menjadi Rp25 ribu.

"Harga komoditas secara keseluruhan di Sumenep tidak terlalu berfluktuasi. Selain tiga komoditas yang harganya naik, ada satu komoditas yang turun, yakni bawang putih," kata Sukaris, menerangkan.

Harga bawang putih yang sebelumnya Rp26 ribu per kilogram menjadi Rp25 ribu.

Sementara harga komoditas lainnya stabil, di antaranya daging sapi Rp110 ribu per kilogram dan daging ayam broiler Rp32 ribu.

Harga beras pada kisaran Rp8.500 hingga Rp9.500 per kilogram, gula pasir Rp12.500, minyak goreng curah Rp12 ribu, dan mentega curah Rp21 ribu.

Harga sejumlah sayur juga tetap, di antaranya wortel Rp14 ribu per kilogram, kentang Rp14 ribu, tomat Rp7 ribu, dan kubis Rp6 ribu.

Staf Disperindag Sumenep memantau harga komoditas setiap hari di dua pasar di Kecamatan Kota, yakni Pasar Anom Baru sebagai lokasi utama dan Pasar Bangkal Baru sebagai pembanding. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017