Sumenep (Antara Jatim) - Kepolisian Resor Sumenep, Jawa Timur, menyiapkan tim untuk siaga di setiap adanya penumpukan pemudik di sejumlah pelabuhan setempat selama masa angkutan Lebaran 2017.

"Salah satu fokus kami memang di kawasan pelabuhan, karena pergerakan pemudik atau calon penumpang kapal itu beda dengan di terminal yang relatif cepat," ujar Kapolres Sumenep AKBP Joseph Ananta Pinora di Sumenep, Kamis.

Sesuai hasil evaluasi tahun-tahun sebelumnya, di kawasan pelabuhan, utamanya Pelabuhan Kalianget sering terjadi penumpukan pemudik atau calon penumpang kapal dengan tujuan ke sejumlah pulau di Sumenep.

Penumpukan pemudik akan makin parah, ketika terjadi penundaan pemberangkatan kapal akibat cuaca laut dinyatakan buruk. 

Kondisi fisik para pemudik biasanya agak drop setelah melalui perjalanan laut maupun menunggu pemberangkatan kapal yang tertunda. 

"Dalam konteks itu, kami harus berada di sekitar mereka untuk mencegah atau antisipasi para calon pemudik menjadi korban kejahatan konvensional, seperti kecopetan," kata Pinora, menerangkan.

Polres Sumenep juga mendirikan pos pelayanan (posyan) di kawasan Pelabuhan Kalianget selama masa Lebaran 2017.

Pada Kamis pagi, puluhan polisi, baik yang berseragam dinas maupun berpakaian sipil, terlihat siaga di dermaga I Pelabuhan Kalianget.

Di dermaga I tersebut, ratusan calon pemudik menunggu pemberangkatan kapal ke Pulau Sapudi, Sumenep. (*)
Video oleh: Slamet Hidayat

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017