Sumenep (Antara Jatim) - Kapal Express Bahari 9C yang merupakan armada mudik gratis di rute Kalianget-Kangean, Sumenep, Jawa Timur, Rabu, mengangkut 395 penumpang.

"Alhamdulillah, program kapal mudik gratis di rute Kalianget-Kangean akhirnya terealisasi pada Rabu ini setelah tertunda dua hari sebelumnya," ujar Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kalianget, Moch Iksan di Sumenep.

Ia juga memastikan Kapal Express Bahari 9C sudah siap dan laik layar setelah sempat mengalami kerusakan pada baling-baling kapalnya pada Sabtu (17/6).

Kapal Express Bahari 9C bertolak dari dermaga II Pelabuhan Kalianget ke Kangean pada pukul 05.30 WIB.

Pemberangkatan kapal mudik gratis di rute Kalianget-Kangean itu idealnya dimulai sejak Senin (19/6).

Namun, realisasi program Pemerintah Provinsi Jawa Timur pada masa angkutan Lebaran 2017 tersebut tidak berjalan sesuai jadwal, akibat kapal yang disiapkan sebagai armada mudik gratis mengalami kerusakan.

Baling-baling Kapal Express Bahari 9c rusak setelah kandas di Perairan Pulau Kalosot, Raas, pada Sabtu (17/6) sore.

Ketika itu, kapal milik PT Sakti Inti Makmur (SIM) tersebut dalam perjalanan melayani mudik gratis di rute Jangkar (Situbondo)-Raas (Sumenep).

"Sebagian dari mereka yang naik kapal mudik gratis pada Rabu ini merupakan calon penumpang untuk pemberangkatan kapal pada Senin (19/6) dan Selasa (20/6). Jumlah kursi yang tersedia di kapal sebanyak 402 buah," kata Iksan, menerangkan.

Pemberangkatan kapal mudik gratis di rute Kalianget-Kangean dan sebaliknya dijadwalkan satu trip setiap hari selama enam hari, yakni 19-24 Juni 2017.

KSOP Kalianget menjadi tempat pendaftaran bagi warga yang ingin memanfaatkan program kapal mudik gratis di rute Kalianget-Kangean.

Sesuai data di KSOP Kalianget, warga yang terdaftar sebagai calon penumpang kapal mudik gratis di rute Kalianget-Kangean untuk pemberangkatan Senin (19/6) sebanyak 352 orang dan Selasa (20/6) hingga Sabtu (24/6), masing-masing 350 orang. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017