Sumenep (Antara Jatim) - Harga telur ayam ras di Pasar Anom Baru di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Kamis, naik dibanding awal pekan ini (12/6) dari Rp18 ribu per kilogram menjadi Rp20 ribu.

"Stok dan pasokan telur ayam ras dalam posisi aman dan lancar. Kami menduga penyebab harga telur ayam ras itu naik, murni akibat tingginya permintaan," ujar Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumenep, Sukaris di Sumenep.

Pada masa menjelang Lebaran, permintaan telur ayam ras biasanya meningkat dan selanjutnya pedagang menaikkan harga komoditas tersebut.

Kondisi tersebut diperkirakan berlangsung hingga "H-1" Lebaran dan kemungkinan besar harga telur ayam ras bisa naik lagi.

Sesuai hasil pantauan staf Disperindag Sumenep, harga komoditas lainnya yang naik dibanding awal pekan ini adalah cabai merah besar biasa, dari Rp14 ribu per kilogram menjadi Rp15 ribu.

Sementara harga komoditas lainnya stabil, di antaranya telur ayam kampung Rp36 ribu per kilogram, daging sapi Rp110 ribu, daging ayam kampung Rp70 ribu, dan daging ayam broiler Rp32 ribu.

Harga beras juga tetap pada kisaran Rp8.500 hingga Rp9.500 per kilogram, gula pasir Rp12.500, minyak goreng curah Rp12 ribu, dan mentega curah Rp21 ribu.

Harga sejumlah sayur-mayur pun tetap, di antaranya kubis Rp6 ribu per kilogram, tomat Rp7 ribu, wortel Rp15 ribu, dan kentang Rp14 ribu.

Staf Disperindag Sumenep memantau harga komoditas setiap hari di dua pasar di Kecamatan Kota, yakni Pasar Anom Baru sebagai lokasi utama dan Pasar Bangkal Baru sebagai pembanding. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017