Sidoarjo (Antara Jatim) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengiimbau kepada para calon penumpang untuk menggunakan bus yang berstiker laik jalan yang dikeluarkan oleh dinas perhubungan setempat untuk menjaga kenyamanan dan keselamatan.

"Kami mengimbau kepada para calon penumpang untuk menggunakan bus yang sudah ditempeli stiker dari dinas perhubungan untuk keselamatan di jalan," ujarnya saat melakukan pemantauan di Terminal Purabaya Surabaya, Kamis.

Ia mengemukakan, dengan adanya stiker tersebut otomatis bus tersebut sudah lolos uji kelaik layakan dan bisa digunakan sebagai sarana angkutan lebaran tahun 2017 ini.

"Demi keselamatan di jalan raya, sekali lagi kami mengimbau kepada penumpang untuk menggunakan bus berstiker ini demi keselamatannya," ujarnya.

Ia menjelaskan, upaya mewujudkan keselamatan tersebut salah satunya dengan melakukan "ram check" pada bus itu sendiri, untuk melihat apakah bus tersebut layak jalan atau tidak.

"Kalau ada bus yang nekad masuk kedalam terminal, tentunya akan kami peringatkan supaya memenuhi uji kelayakan ini. Namun, kalau tetap membandel kami bisa mencabut izin PO nya," ujarnya.

Ia mengatakan, terkait dengan harga tiket dirinya mengatakan sejauh ini masih dalam batas wajar dan normal karena belum ada kenaikan yang signifikan.

"Tadi saya sudah tanya kepada penumpang harga tiket seharnya Rp85 ribu naik menjadi Rp87 ribu. Dan itu masih dalam batas wajar. Dan nanti pada H minus 2 sebelum lebaran kami akan melakukan pengecekan lagi terkait dengan harga tiket tersebut," ucapnya.

Sebelum melakukan peninjauan ke Terminal Purabaya Surabaya, Menteri Perhubungan bersama dengan rombongan dari Komisi V DPR RI terlebih dahulu melakukan kunjungan ke Bandara Internasional Juanda Surabaya. 

Selanjutnya rombongan menuju ke Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya untuk melihat sejauh mana persiapan yang dilakukan pada saat pelaksanaan mudik lebaran tahun 2017.(*)
Video Oleh: Indra Setiawan

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017