Surabaya (Antara Jatim) - Kader DPC PDI Perjuangan asal Banyuwangi mendaftarkan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas sebagai bakal calon Wakil Gubernur Jawa Timur melalui DPD PDI Perjuangan setempat, Rabu.

"Ada kader partai yang juga Ketua DPC PDIP Banyuwangi mengambil formulir untuk Abdullah Azwar Anas," ujar Sekretaris DPD PDIP Jatim Sri Untari ketika dikonfirmasi wartawan.

Pengambilan formulir dilakukan hari ini yang merupakan hari terakhir batas waktu pendaftaran selama 14 hari atau sejak resmi dibuka pada 1 Juni lalu.

"Pendaftarannya berakhir pukul 17.00 WIB, dan jika sudah tak ada lagi yang mendaftar maka Pak Anas adalah yang terakhir," ucap anggota DPRD Jatim tersebut.

Selanjutnya, kata dia, panitia pendaftaran menunggu para pengambil formulir untuk melengkapi berkas sebagai syarat adminitrasi, kemudian dikembalikan pada 15-30 Juni.

"Nanti diserahkan ke DPD dan dilaporkan ke DPP untuk tindak lanjutnya. Keputusan dan hasil rekomendasi diserahkan ke pusat serta ketua umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri," katanya.

Total terdapat seorang kandidat sebagai bakal calon Gubernur, dan lima kandidat lainnya sebagai bakal calon Wakil Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024.

Untuk bacagub adalah hanya Saifullah Yusuf, yang sehari-harinya menjabat sebagai Wakil Gubernur Jatim, sedangkan untuk posisi bacawagub terdapat lima orang yang mayoritas berasal dari kader internal.

Kelimanya masing-masing Ketua DPD PDIP Jatim sekaligus Wakil Ketua DPRD Jatim Kusnadi, Anggota DPRD Jatim Suhandoyo, Bupati Ngawi Budi Sulistyono, Anggota DPR RI Said Abdullah dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Sementara itu, disinggung nama Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, pihaknya mengaku belum ada komunikasi lebih lanjut dengan partai. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017