Malang, (Antara Jatim) - Kapolresta Malang AKBP Hoiruddin Hasibuan menyatakan angka kejahatan selama Ramadhan dan menjelang Lebaran cenderung naik diduga karena meningkanya berbagai kebutuhan.

"Biasanya pada saat menjelang Lebaran angka kriminalitas dan kejahatan lainnya cenderung meningkat. Berbagai kebutuhan  untuk merayakan Lebaran juga meningkat. Untuk memenuhi kebutuhan ini banyak orang nekat melakukan kejahatan," kata Kapolresta Malang, Hoiruddin Hasibuan, di Malang, Jawa Timur, Selasa.

Oleh karena itu, lanjutnya, masyarakat harus ekstra waspada, sebab sebagian besar korbannya adalah nasabah bank. Rata-rata korbanya usai bertransaksi di bank.

"Kondisi keamanan selama Ramadhan di Kota Malang tahun ini Insya Allah lebih baik dari tahun lalu, bahkan tingkat kriminalitasnya juga cenderung menurun, namun masyarakat harus tetap waspada karena menjelang Lebaran biasanya ada peningkatan," ujarnya.

Apalagi, katanya, Kota Malang teramsuk salah satu kota yang tingkatb perederan uangnya cukup tinggi dan pergerakan perekonomiannya pun juga dinamis, sehingga perlu pengamanan ekstra dari personel.

Pengalaman di daerah lain, kata Horuddin, pada saat Ramadhan dan menjelang Lebaran, kemungkinan juga ada "permainan" dari para teroris melalui upaya perampokan di bank-bank yang tidak sealiran dengan mereka. "Mereka beranggapan hasil penjarahan bank itu halal. Kondisi ini yang kami waspadai, sehingga perlu pengamanan ekstra ketat," ucapnya.  
 
Oleh karenanya, masyarakat atau pertugas bank bisa minta pengawalan polisi ketika membawa uang dengan jumalh cukup banyak, termasuk nasabah yang mengambil uang untuk keperluan THR atau gaji karyawan dengan jumlah besar.

"Silakan saja warga atau perugas bank minta pengawalan dan pengamanan dari polisi, tidak perlu biaya karena ini sudah menjadi tugas dan kewajiban personel kami untuk memberikan pengamanan, kenyamanan dan perlindungan bagi warga," katanya.

Menyinggung jumlah personel yang diturunkan untuk pengamanan Lebaran 2017, Kapolresta mengatakan yang pasti pengamanan an kewaspadaan ditingkatkan dengan menambah jumlah personel yang disiagakan, termasuk yang ditempatkan di bank-bank maupun tempat umum stategis lainnya.

"Untuk personel pengamanan kami tambah jumlahnya dari hari-hari biasa," ucapnya.(*)

Pewarta: Endang Sukarelawati

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017