Guangzhou, Tiongkok,  (Antara/Xinhua-OANA) - Lebih dari 120 penerbangan telah ditunda atau dibatalkan dan layanan kereta telah ditangguhkan di Provinsi Guangdong di Tiongkok Selatan saat negara itu bersiap menghadapi Topan Merbok pada Senin larut malam.

Operator bandar udara melaporkan bahwa 72 pesawat yang dijadwalkan berangkat dari Kota Shenzhen telah dibatalkan hingga pukul 16.00 waktu setempat Senin. Di Bandar Udara Guangzhou, yang berdekatan, 55 penerbangan ditunda selama lebih dari satu jam hingga pukul 17.20 waktu setempat Senin.

Beberapa layanan kereta antar-kota antara Shenzhen dan Guangzhou telah ditangguhkan, kata Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Selasa pagi. Kereta lain diperintahkan mengurangi kecepatan.

Topan Merbok, topan kedua tahun ini, memasuki daratan di Shenzhen sekitar pukul 23.00 Senin, kata Pusat Meteorologi Nasional.

Kekuatan topan tersebut turun jadi topan tropis setelah memasuki daratan, dengan kecepatan angin maksimum 23 meter per detik di intinya.

Hujan lebat diramalkan untuk wilayah itu dalam dua hari ke depan. Di Shenzhen, pemerintah lokal menyiapkan 480 tempat berteduh buat orang yang memerlukan, dengan persediaan makanan dan keperluan lain.

Guangdong lebih rentan sementara beberapa bagiannya sudah diguyur hujan lebat pada awal Juni, kata beberapa pejabat.

Topan biasa menerjang wilayah patani Tiongkok Selatan dan Tenggara pada musim panas.

"Bahkan jika mengalami banyak topan, kita tak boleh kekurangan persiapan," kata Xu Shuihua, pejabat di Kota Huizhou.

Xu mengatakan ia telah mengingatkan orang yang berusia lanjut agar tetap berada di dalam rumah.

Di Huizhou, 268 perahu telah ditambatkan di dermaga hingga pukul 17.00 waktu setempat Senin dan layanan feri telah dibekukan. (*)

Pewarta: Supervisor

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017