Trenggalek (Antara Jatim) - Jajaran Satuan Lalu Lintas Polres Trenggalek, Jawa Timur, membagikan ratusan gelas takjil gratis sambil mengampanyekan tertib berlalu lintas kepada pengendara yang melintas di jalan protokol daerah itu, Rabu.

Aksi sosial polisi di sore hari menjelang waktu berbuka puasa itu mendapat sambutan antusias pengguna jalan dan sempat membuat arus lalu lintas di area pemberhentian lampu merah itu memadat beberapa saat.

"Kegiatan sosial ini menjadi atensi bapak kapolres dan memang sudah menjadi agenda rutin digelar setiap Ramadhan," kata Kasat Lantas Polres Trenggalek AKP Ricky Tri Darma di Trenggalek.

Tak hanya pengendara roda dua, anggota kepolisian lalu lintas juga memberikan takjil kemasan gelas plastik tersebut kepada sejumlah abang becak maupun pengendara roda empat.

Sembari memberikan takjil, petugas selalu menyelipkan pesan informasi seputar tata tertib berlalu lintas ataupun membetulkan tali helem pengaman kepala pengendara sebagai bentuk sosialisasi.

Menurut Ricky, pembagian takjil gratis digelar rutin selama Ramadhan dengan lokasi yang dipilih acak.

Mereka juga melakukan kegiatan serupa pada saat sahur dengan membagikan nasi bungkus ke beberapa wilayah sebagai bagian pendekatan kamtibmas kepada masyarakat di wilayah kota maupun berbagai pelosok desa dan kecamatan.

"Selain bersosial dengan membagikan takjil gratis pada menjelang berbuka dan nasi bungkus/kotak gratis pada jam sahur, kami menyelipkan pesan-pesan kamtibmas dan kampanye tertib berlalu lintas agar tingkat kepatuhan pengendara di Trenggalek semakin baik," ujarnya.

Ricky berharap, selain membangun kesadaran hukum dan berlalu lintas yang baik, aksi simpati itu juga bisa menjadi sarana komunikasi antara aparat penegak hukum dengan masyarakat sipil.

"Aksi simpatik, pembinaan, sosialisasi hingga langkah penindakan dalam rangka tertib hukum dan berlalu lintas tetap kami lakukan secara proporsional dengen pendekatan kamtibmas tadi," ujarnya.(*)

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017