Sampang (Antara Jatim) - Pemerintah Kabupaten Sampang, Jawa Timur, menjamin persediaan pangan selama Ramadhan di wilayah itu aman, bahkan hingga Lebaran 1438 Hijriah.

"Stok pangan kami pastikan aman. Kami sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak, baik dengan instansi dinas terkait, maupun dengan Bulog," kata Kasi Pengadaan dan Penyaluran pada Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagprin) Kabupaten Sampang Busar Wibisono di Sampang, Senin.

Busar menjelaskan, yang perlu diantisipasi oleh pemerintah saat ini adalah kenaikan harga kebutuhan bahan pokok selama Ramadhan.

Sebab, sesuai kebiasaan, harga kebutuhan bahan pokok naik, karena kebutuhan konsumsi masyarakat meningkatkan selama Ramadhan.

Menurut Busar Wibisono, kini pihaknya telah mempersiapkan menggelar pasar murah Ramadhan di sejumlah titik di Kabupaten Sampang guna menekan terjadinya kenaikan harga kebutuhan bahan pokok.

"Salah satunya bekerja sama dengan Bulog terkait penjualan beras dan gula," katanya.

Ia menjelaskan, berdasarkan pantauan yang dilakukan Disperindag Sampang sejumlah kebutuhan bahan pokok di awal Ramadhan ini, memang telah mengalami kenaikan. Antara lain bawang putih dan cabai rawit merah. 

Ia menjelaskan, saat ini harga cabai rawit merah antara Rp53 ribu sampai Rp55 ribu per kilogram yang sebelumnya dijual Rp50 ribu sampai Rp52 ribu per kilogram. 

Bawang putih saat ini dijual antara Rp46 ribu sampai Rp47 ribu per kilogram padahal sebelumnya hanya Rp30 ribu sampai Rp32 ribu per kilogram. 

"Kalau beras dan gula, sementara ini masih stabil. Tapi upaya antisipasi perlu dilakukan, yakni dengan cara menggelar pasar murah tersebut," ujar Busar Wibisono, menjelaskan. (*)

Pewarta: Abd. Azis

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017