Sumenep (Antara Jatim) - Harga lima komoditas di antaranya cabai merah kecil biasa dan telur ayam broiler di  Pasar Anom Baru di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Senin, yang merupakan hari ketiga Ramadhan 1438 H/2017 M, naik.

"Sementara komoditas lainnya stabil. Itu sesuai laporan yang kami terima dari staf setelah mengecek harga komoditas di dua pasar di Kecamatan Kota," ujar Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumenep, Sukaris di Sumenep.

Lima komoditas yang harganya naik dibanding akhir pekan lalu (27/5) itu adalah cabai merah kecil biasa, wortel, tomat, kubis, dan telur ayam broiler.

Cabai kecil yang sebelumnya Rp50 ribu per kilogram naik menjadi Rp55 ribu, dan wortel dari Rp15 ribu menjadi Rp16 ribu.

Selanjutnya harga tomat yang sebelumnya Rp8 ribu per kilogram naik menjadi Rp9 ribu, kubis Rp5 ribu menjadi Rp6 ribu, dan telur ayam broiler Rp21 ribu menjadi Rp22 ribu.

"Sesuai data di kami, cabai kecil merupakan komoditas yang harganya paling sering berfluktuasi selama Mei 2017," kata Sukaris, menerangkan.

Sebelumnya, harga cabai kecil memang naik-turun pada kisaran Rp48 ribu per kilogram hingga Rp55 ribu.

Sementara harga komoditas lainnya terpantau stabil, di antaranya beras pada kisaran Rp8.500 hingga Rp9.500 per kilogram, gula pasir Rp12.500, minyak goreng curah Rp12 ribu, dan mentega curah Rp21 ribu.

Harga daging sapi tetap Rp110 ribu per kilogram, daging ayam kampung Rp70 ribu, dan daging ayam broiler Rp32 ribu.

Staf Disperindag Sumenep memantau harga komoditas setiap hari di dua pasar di Kecamatan Kota, yakni Pasar Anom Baru sebagai lokasi utama dan Pasar Bangkal Baru sebagai pembanding. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017