Surabaya (Antara Jatim) - Puluhan santri dari perwakilan Panti Pesantren Muhammadiyah Kota Surabaya melaksanakan kegiatan tarhib atau menyambut kedatangan bulan Ramadhan di Taman Bungkul Surabaya, Kamis.
     
Ketua Majelis Pelayanan Sosial (MPS) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Surabaya Ferry Yudi Antonis Saputro mengatakan kegiatan ini untuk menyapa dan mengingatkan warga yang lalu-lalang di sepanjang Jalan Raya Darmo bahwa Jumat (26/5) malam sudah masuk 1 Ramadhan 1438.

"Itu adalah awal sholat tarawih dan sabtunya, (27/5) umat Islam harus melakukan ibadah puasa," ujarnya.

Berkaitan dengan itu, kata Ferry, pihaknya mengimbau kepada pengelola hiburan malam dan karaoke di Kota Surabaya agar selama bulan Ramadhan tidak ada yang beroperasi. Hal ini dilakukan agar umat Islam bisa menjalankan ibadah puasa dengan tenang tanpa terganggu adanya hiburan tersebut.    

Ketua Panitia Tarhib Ramadhan Puguh Prasetyo mengatakan selain  menyambut Ramadhan, kegiatan ini juga sebagai wahana edukasi untuk para santri Panti Pesantren Muhamamdiyah. 

"Karena tidak sedikit yang belum pernah datang ke Taman Bungkul ini," katanya.

Pada saat keliling Taman Bungkul, Kepala Panti Pesantren Muhammadiyah Karangpilang, Wiyung, dan Pakis melakukan orasi menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan.

"Agar yang tidak puasa menghormati yang sedang puasa. Jangan sampai terbalik," kata Kepala Panti Asuhan Pakis Surabaya Abidullah. (*)

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017