Sumenep (Antara Jatim) - Harga bawang putih di Pasar Anom Baru di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Senin, naik dibanding akhir pekan lalu dari Rp46 ribu per kilogram menjadi Rp50 ribu.

"Harganya naik Rp4 ribu per kilogramnya. Informasi dari pedagang, pasokan dari Surabaya berkurang akibat stok di distributor tidak terlalu banyak," ujar Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumenep, Sukaris di Sumenep.

Sementara harga bawang merah turun jika dibanding akhir pekan lalu dari Rp25 ribu per kilogram menjadi Rp24 ribu.

Sesuai hasil pemantauan yang dilakukan staf Disperindag Sumenep, terdapat tiga komoditas yang harganya berfluktuasi pada awal pekan ini, yakni bawang putih, bawang merah, dan cabai merah besar biasa.

"Harga cabai merah besar biasa turun dari Rp26 ribu per kilogram menjadi Rp24 ribu. Kalau harga cabai merah kecil biasa tetap Rp55 ribu per kilogram," kata Sukaris, menerangkan.

Harga komoditas lainnya juga stabil, yakni beras tetap pada kisaran Rp8 ribu hingga Rp9.500 per kilogram, gula pasir Rp12.500, minyak goreng curah Rp12 ribu, dan mentega curah Rp21 ribu.

Sementara harga daging sapi Rp110 ribu per kilogram, daging ayam kampung Rp70 ribu, dan daging ayam broiler Rp30 ribu.

Harga sejumlah sayur mayur juga tetap, di antaranya kentang Rp16 ribu per kilogram, wortel Rp14 ribu, tomat Rp8 ribu, dan kubis Rp5 ribu.

Staf Disperindag Sumenep memantau harga komoditas setiap hari di dua pasar di Kecamatan Kota, yakni Pasar Anom Baru sebagai lokasi utama dan Pasar Bangkal Baru sebagai pembanding. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017