Surabaya (Antara Jatim) - Kamar Dagang dan Industri Jawa Timur bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) menyepakati penguatan sinergitas antarkedua lembaga, khususnya untuk edukasi dan sosialisasi mengenai kebijakan ekonomi dan perkembangan bisnis di provinsi setempat.

"Kerja sama yang dilakukan melalui pemberitaan media massa sehingga tersampaikan ke masyarakat," ujar Ketua Umum Kadin Jatim La Nyalla Mahmud Mattalitti di Surabaya, Minggu.

Menurut dia, media massa adalah rekan kerja utama Kadin untuk memperkuat komunikasi dengan pemangku kebijakan di dunia usaha.

Kesepakatan kedua lembaga diwujudkan dalam penandatanganan nota kesepahaman yang dilakukan oleh ketua umum Kadin Jatim dengan Wakil Ketua Bidang Kerja sama PWI Jatim Lutfil Hakim.

Terdapat sejumlah poin penting yang disepakati, antara lain kegiatan penyebaran informasi tentang aktivitas Kadin Jatim (termasuk Kadin se-Jatim) melalui pemberitaan oleh anggota PWI, kerja sama pendidikan atau pelatihan dunia usaha dan ekonomi, serta membentuk Forum Bersama KADIN-Editor Club dalam berbagai kegiatan diskusi.

Selain itu, kata dia, juga disepakati mengenai peningkatan profesionalisme wartawan di bidang peliputan ekonomi (termasuk di daerah kabupaten/kota) dan mendorong peningkatan profesionalisme wartawan melalui Uji Kompetensi (UKW).

Sementara itu, Wakil Ketua PWI Jatim Lutfil Hakim mengatakan sejauh ini Kadin Jatim telah memberikan banyak dukunag ke PWI, salah satunya penggunaan tempat untuk pelaksanaan beberapa kali UKW di Kadin Institute.

Ia berharap melalui kerja sama ini akan digagas terbentuknya Forum Bersama KADIN-Editor Club dalam kegiatan diskusi-diskusi karena penguatan materi tentang ekonomi dan bisnis adalah keniscayaan bagi setiap jurnalis.

"Diharapkan di kabupaten/kota juga terbentuk forum bersama antara Kadin dan PWI Kabupaten/Kota," katanya. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017