Situbondo (Antara Jatim) - Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf, Minggu bersepeda santai bersama para ulama dan puluhan ribu warga Situbondo dalam rangka Hari Lahir (Harlah) ke-94 Nahdlatul Ulama.

"Bersepeda santai adalah pilihan yang tepat untuk mengajak masyarakat dalam rangka menjalin keakraban dengan warga NU, dan kami mengucapkan terima kasih pada Pengurus Cabang NU Situbondo yang telah memperingati Harlah NU dengan beragam kegiatan," kata Gus Ipul (panggilan akrabnya) salam sambutannya sebelum acara sepeda santai dimulai di depan Kantor Pemkab Situbondo.

Dalam pantauan, acara sepeda santai dalam rangka Harlah NU itu diikuti sekitar 25 ribu masyarakat dan Froum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Situbondo serta pejabat pemerintah daerah setempat.

Selain itu, sejumlah ulama Situbondo juga turut mengikuti sepeda santai bersama masyarakat, salah satunya Pengasuh Pondok Pesantren Wali Songo, Kecamatan Panji, Kiai Haji Raden Kholil As'ad yang juga salah satu putra Pahlawan Nasional KHR As'ad Syamsul Arifin.

Ketua Panitia Sepeda Santai Bashori Sanhaji mengatakan pihaknya menggelar acara sepeda santai sebagai salah satu bagian memperingati ulang tahun NU karena ingin menunjukkan kedekatan kiai dan santri kepada masyarakat.

"Sedangkan keterlibatan pejabat pemerintah daerah dalam acara sepeda santai ini secara bersama-sama sebagai wujud komitmen terhadap NKRI dan juga untuk bisa menghibur masyarakat," katanya.

Puluhan ribu masyarakat yang menjadi peserta dan mengikuti sepeda santai  berjalan sejauh 10 kilometer dan dimulai dari depan kantor pemerintah daerah dan berakhir di Alun-alun Situbondo. (*) 
Video oleh: Novi Husdinariyanto

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017