Surabaya (Antara Jatim) - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini akan mempromosikan Parade Budaya dan Bunga yang digelar setiap tahun dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Surabaya sebagai acara wisata nasional. 
     
"Ini nanti akan dipromosikan sebagai event wisata nasional," kata Tri Rismaharini usai membuka Parade Budaya Surabaya 2017 dalam rangka HUT ke-724 di Tugu Pahlawan, Minggu.

Menurut dia, Parade Budaya dan Bunga merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Pemkot Surabaya setiap tahun dalam rangka HUT Surabaya. 

Untuk parade kali ini, lanjut dia, lebih semarak karena diikuti banyak peserta. 

"Kali ini peserta lebih banyak dan investasi bunga yang digunakan untuk parade juga mahal, sehingga waktunya diperpanjang," katanya.

Ada sekitar 75 peserta atau penampilan grup parade yang terdiri 45 mobil hias bunga, 24 parade budaya, empat penampilan drum band, sembilan komunitas budaya.

Adapun pesertanya meliputi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Surabaya, BUMN, BUMD, komunitas di Surabaya serta juga ada dari kota-kota yang menjadi sister city Surabaya di antaranya Makasar, Kediri dan Maluku Tenggara.

Meski demikian, Risma mengingatkan kepada masyarakat yang menyaksikan parade budaya dan bunga untuk ikut menjaga kebersihan kota dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat selama berlangsungnya acara tersebut.

"Mari bersama-sama menjaga kebersihan kota ini. Tolong jangan membuang sampah sembarangan," ujarnya.

Merujuk pada semaraknya acara parade budaya dan bunga 2017, masyarakat Surabaya berharap agenda serupa di tahun mendatang akan lebih semarak. Hal ini dikarenakan dari sekian banyak acara bagus yang dipersiapkan untuk menyemarakkan HUT Surabaya, parade budaya dan bunga yang paling mampu menyedot perhatian puluhan ribu orang. 

"Menurut saya acara kali ini lebih semarak dibanding tahun lalu. Memang, dari tahun ke tahun tentunya harus semakin bagus. Semoga di tahun mendatang, dinas terkait kembali melakukan inovasi agar acara ini lebih menarik lagi," ujar salah seorang warga Surabaya Fendra saat menyaksikan Parade Budaya dan Bunga di Jalan Pahlawan. (*)

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017