Surabaya (Antara Jatim) - Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah mengajak ribuan siswa di Surabaya "nonton bareng" (nobar) film Kartini dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional di Surabaya, Selasa.

"Sosok film Kartini sangat menginspirasi semuanya, termasuk pelajar," ujarnya di sela "nobar" di Ciputra World Surabaya.

Orang nomor dua di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur itu juga mengajak guru dan kepala sekolah menyaksikan film karya sutradara Hanung Bramantyo tersebut.

Menurut dia, banyak kisah-kisah inspiratif yang diperoleh dari cerita di film Kartini, seperti perjuangan RA Kartini yang tak hanya berjasa bagi kaum wanita, namun pengaruhnya bagi laki-laki juga sangat dirasakan.

Ia memisalkan, yang menjadi keinginan kuat dari Kartini dan kemudian didukung kebijakan ayahnya hingga akhirnya bisa menghasilkan perubahan luar biasa, namun tetap mempertahankan nilai-nilai lama sambil menerima nilai baru yang lebih baik.

"Keberadaan Kartini merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi bangsa karena telah menjadi pelopor pelopor untuk kemajuan perempuan di Indonesia," ucapnya.

Sementara itu, pada hari pertama pelaksanaan "nobar" sebanyak 1.600 pelajar dari SMA/SMK/MA turut menyaksikan film Kartini di 10 studio XXI.

Dijadwalkan, pelajar dalam jumlah yang sama juga akan diajak menonton film sama selama tiga hari berturut-turut, bahkan ditargetkan 10 ribu siswa di Surabaya menyaksikannya.

Memaknai Hari Pendidikan Nasional 2 Mei, mantan Menteri Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal tersebut menyampaikan saat ini tantangan yang dihadapi pelajar adalah pesatnya perkembangan teknologi informasi.

"Pelajar zaman sekarang harus bisa memanfaatkannya secara positif. Apalagi sekarang perkembangan informasi begitu cepat dan harus lebih teliti," katanya. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017