Sidoarjo, (Antara Jatim) - Prajurit Yonif-1 Marinir menyantuni anak yatim dari Yayasan Yatim Piatu Musdalifah saat pelaksanaan kenaikan pangkat di kesatuan itu.

Komandan Batalyon Infanteri-1 Marinir Letkol Mar Argo Setiyono di Sidoarjo, Rabu mengatakan sebanyak 47 prajurit Yonif-1 Marinir menyandang pangkat baru satu tingkat lebih tinggi dari pangkat semula periode 1 April 2017.

"Dengan rincian 1 orang dari pelda ke peltu, 4 orang dari serka ke serma, 2 orang dari sertu ke serka, 2 orang dari serda ke sertu, 8 orang dari koptu ke kopka, 11 orang dari kopda ke koptu dan 19 orang dari praka ke kopda," katanya saat memimpin syukuran kenaikan pangkat prajurit ‘Buaya Petarung’ (Yonif-1 Mar) di Gedung Edianto Balai Prajurit Brigif-1 Marinir Gedangan, Sidoarjo.

Ia menjelaskan, kegiatan syukuran diawali dengan pelepasan pangkat lama dan penyematan pangkat baru kepada perwakilan prajurit yang naik pangkat, pemotongan tumpeng oleh Komandan Batalyon Infanteri-1 Marinir.

"Kemudian potongan tumpeng diberikan kepada perwakilan prajurit yang naik pangkat Kopda Mar Ismail, kemudian dilanjutkan dengan pemberian santunan kepada anak yatim dari Yayasan Yatim Piatu Musdalifah," ujarnya.

Ia mengatakan, syukuran kenaikan pangkat merupakan tradisi di lingkungan Yonif-1 Marinir dengan tujuan untuk meresmikan dan memberikan ucapan selamat kepada segenap prajurit yang dianugerahi pangkat baru satu tingkat lebih tinggi dari pangkat semula.

"Sekaligus sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT dan berbagi kepada sesama," tukasnya.

Menurut orang nomor satu di Yonif-1 Marinir itu, kenaikan pangkat merupakan salah satu wujud nyata penghargaan dari dinas atas prestasi, dedikasi dan loyalitas yang sudah ditunjukkan oleh para prajurit yang naik pangkat.

"Di samping itu, kenaikan pangkat  juga merupakan bagian dari pelaksanaan sistem pembinaan personel yang diorientasikan bagi kepentingan organisasi," jelasnya.

Ia menjelaskan, kenaikan pangkat ini juga merupakan wujud penghargaan negara atas prestasi yang telah ditunjukkan selama mengemban tugas dan tanggung jawab pada jabatannya.

"Sekaligus merupakan kehormatan, yang mengandung konsekuensi kewajiban untuk menjaga, memelihara dan memberikan tauladan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari,” tegasnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Komandan Batalyon Infanteri-1 Marinir atas nama pribadi  dan seluruh jajaran Yonif-1 Marinir mengucapkan selamat kepada prajurit yang naik pangkat atas kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari pangkat semula

"Sementara itu, bagi prajurit yang belum naik pangkat, kami berharap agar tidak berkecil hati, karena tidak berarti lebih buruk dari yang lain, sebab ukuran baik-buruk di lingkungan militer tidak dilihat dari pangkat dan jabatannya tetapi bagaimana dapat melaksanakan tugas dengan baik," katanya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017