Sidoarjo (Antara Jatim) - Petugas Terminal Purabaya Surabaya di Bungurasih, Sidoarjo, Jawa Timur, memprediksikan kenaikan penumpang sampai dengan 40 ribu orang dari jumlah rata-rata harian sebanyak 29 ribu orang menyusul adanya libur  Paskah atau wafatnya Isa Almasih akhir pekan ini.

Kepala Sub Unit Terminal Purabaya Surabaya, Hardjo, Kamis , mengatakan, puncak kenaikan jumlah penumpang tersebut diperkirakan akan terjadi pada Kamis malam.

"Prediksi kami puncak kenaikannya akan terjadi pada malam nanti setelah Magrib terutama setelah para pekerja pulang," katanya saat dikonfirmasi di lingkungan Terminal Purabaya.

Meskipun ada kenaikan jumlah penumpang, dirinya meyakini bus yang akan digunakan masih tetap tersedia dan tidak sampai terjadi kekurangan.

"Busnya masih cukup, tidak sampai kekurangan karena kenaikan seperti ini masih tergolong wajar dan tidak begitu luar biasa," ujarnya.

Menurutnya, jurusan yang menjadi langganan terjadi lonjakan penumpang adalah Surabaya-Madiun dan juga jurusan Surabaya-Solo.

"Dua jurusan ini masih tetap mendominasi terjadinya kenaikan jumlah penumpang saat libur panjang seperti yang terjadi saat ini," katanya.

Ia mengakui, sempat terjadi keterlambatan kedatangan bus untuk masuk kedalam Terminal Purabaya menyusul adanya kemacetan di jalan raya.

"Hal inilah yang mengakibatkan terjadinya sedikit penumpukan penumpang di dalam Terminal Purabaya Surabaya. Namun, kondisi ini masih normal dan bisa diatas," urainya.

Dari pantauan di lapangan, ribuan orang ribuan orang penumpang ini langsung naik menuju ke bus tujuan masing-masing. Hal ini setelah Terminal Purabaya Surabaya melakukan renovasi, sehingga para calon penumpang tidak ada yang lalu lalang di areal keberangkatan bus.(*)
Video oleh: Indra S


Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017