Blitar (Antara Jatim) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Blitar, Jawa Timur, mendirikan rumah pintar pemilu (RPP), dengan harapan bisa semakin meningkatkan pemahaman warga tentang pemilu serta meningkatkan partisipasi mereka.
     
"Kami ingin masyarakat di Blitar ini bisa menggunakan rumah pintar ini dengan sebaik-baiknya. Kami ingin agar adanya RPP ini bisa meningkatkan pemahaman pemilu," kata Ketua KPU Kota Blitar Setya Budiono saat peresmian RPP Soekarno Kota Blitar, di Blitar, Kamis.
     
Ia mengatakan, saat ini tingkat partisipasi masyarakat mengikuti pemilu di Kota Blitar masih 70 persen. Ia berharap, dengan adanya RPP Soekarno itu bisa lebih meningkat lagi menjadi 80 persen.
     
Dengan hasil tersebut, tentunya hasil pemilu di kota ini bisa dilegitimasi menjadi lebih baik. Tingkat keberhasilan dan partisipasinya juga lebih meningkat. 
     
"Kota Blitar ini termasuk tinggi, tingkat partisipasinya selama ini bisa 70 persen. Namunk kami harapkan dengan RPP ini bisa mencapai tingkat partisipasi masyarakat 80 persen," harapnya.
     
Sementara itu, Ketua Divisi Teknis KPU Jatim Moh Arbayanto yang juga hadir dalam pembukaan RPP Soekarno Kota Blitar itu menambahkan adanya RPP ini juga merupakan salah satu wahana untuk meningkatkan pendidikan tentang persoalan pemilu dan demokrasi.
     
"Ini memberikan pendidikan persoalan pemilu dan demokrasi pada masyarakat secara luas. KPU memandang penting menyelenggarakna proses pendidikan untuk pemilih secara berkelanjutan dengan model memberikan satu ruang yang bisa menjadi media," katanya.
     
Ia mengatakan, pendirian RPP itu juga bisa bermanfaat untuk seluruh lapisan masyarakat, baik pemilih maupun pemilih pemula. Di tempat tersebut, akan diberikan gambaran terkait dengan tahapan pemilu.
     
"RPP ini memberikan ruang untuk seluruh lapisan dari segmen pemilih. Di RPP juga ada simulasi," katanya.
     
RPP di Kota Blitar ini dibuat di ruangan belakang kantor KPU Kota Blitar, Jalan Dokter Sutomo, Blitar. RPP ini diresmikan langsung oleh Komisioner KPU Jatim. 
     
Di RPP tersebut, dibuat dengan cukup menarik, yang terdiri dari beragam informasi terkait dengan pemilu. Bahkan, juga terdapat miniatur tahapan pemilu, hingga cara memberikan hak suara. Miniatur itu ditata dengan rapi di dalam ruangan kaca. 
     
Sejumlah warga yang merupakan pemilih termasuk pemilih pemula juga hadir dalam peresmian RPP tersebut. Mereka diberi penjelasan singkat terkait dengan tahapan pemilu. (*)

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017