Jember (Antara Jatim) - Tiket kereta api untuk masa angkutan Lebaran 2017 di wilayah Daerah Operasi 9 Jember untuk berbagai tujuan masih tersedia banyak, bahkan penjualan tiket kereta masih tergolong sepi.

"Untuk keberangkatan kereta api tanggal 11-17 Juni 2017 memang sudah ada yang pesan, namun jumlahnya tidak terlalu signifikan baik itu kereta kelas ekonomi, bisnis, maupun eksekutif," kata Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (Daop) 9 Luqman Arif di Jember, Kamis.

Data di Daop 9 Jember untuk sejumlah rangkaian kereta api dengan keberangkatan 11-17 Juni 2017 tercatat KA Ranggajati relasi Jember-Cirebon sebanyak 36 penumpang baik kelas bisnis maupun eksekutif, kemudian KA Logawa relasi Jember-Purwokerto sebanyak 345 penumpang, KA Sritanjung relasi Banyuwangi-Lempuyangan sebanyak 59 penumpang saja.

Kemudian KA Mutiara Timur relasi Banyuwangi-Surabaya untuk kereta bisnis dan eksekutif sebanyak 61 penumpang dan KA Probowangi relasi Banyuwangi-Surabaya masih belum ada penumpang yang memesan tiket kereta untuk keberangkatan 11-17 Juni 2017.

"Data itu sewaktu-waktu bisa berubah karena pemesanan tiket melalui channel eksternal dan dalam jaringan (daring) masih terus berjalan akibat kemudahan akses untuk memesan tiket kereta api," katanya.

Luqman mengatakan biasanya penjualan tiket kereta api untuk masa angkutan Lebaran di wilayah Daop Jember akan menujukkan peningkatan saat mendekati bulan puasa atau selama bulan Ramadhan.

"PT KAI sudah membuka penjualan tiket kereta api untuk mudik Lebaran sejak 17 Maret 2017, sehingga masyarakat yang menggunakan moda transportasi untuk keperluan mudik Lebaran bisa segera memesan tiket," tuturnya.

Secara nasional PT KAI menyediakan 222.014 tempat duduk per hari bagi penumpang yang ingin melakukan perjalanan dengan kereta api dalam masa angkutan Lebaran 2017.

"Masyarakat yang ingin menggunakan moda transportasi kereta api untuk perjalanan mudik atau balik Lebaran 2017 dapat melakukan pembelian tiket kereta di semua channel penjualan tiket seperti "contact centre" 121, aplikasi KAI access pada ponsel, minimarket, kantor pos, pegadaian, agen resmi tiket KA, dan berbagai channel lainnya," ujarnya menambahkan.

Di wilayah Daop 9 Jember setiap hari terdapat tujuh keberangkatan KA jarak jauh yakni KA Mutiara Timur siang dengan relasi Banyuwangi - Surabaya, kemudian KA Mutiara Timur malam dengan relasi Banyuwangi - Surabaya, KA Sri tanjung dengan relasi Banyuwangi - Lempuyangan Yogyakarta, KA Probowangi dengan relasi Banyuwangi - Surabaya.

Kemudian KA Tawang alun dengan relasi Banyuwangi - Malang, KA Logawa dengan relasi Jember - Purwokerto, dan  KA Rangga jati dengan relasi Jember - Cirebon, serta KA lokal sebanyak empat kali perjalanan yaitu KA lokal Pandan wangi relasi Jember - Banyuwangi. (*) 

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017