Surabaya (Antara Jatim) - Komando Armada Republik Indonesia Kawasan Timur (Koarmatim) membentuk tim untuk menyiapkan atlet yang akan berlaga pada kejuaraan olahraga "Kasal Cup". 
     
"Kasal Cup adalah kejuaraan memperebutkan piala Kepala Staf TNI Angkatan Laut. Tahun ini akan menggelar kejuaraan bulu tangkis pada tanggal 17 – 21 April,"kata Panglima Koarmatim (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Darwanto di Surabaya, Rabu. 
     
Pangarmatim menjelaskan, kejuaraan Kasal Cup di bawah pimpinan langsung Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) bertujuan untuk meningkatkan kesehatan jasmani dan kerja sama di kalangan TNI Angkatan Laut. 
     
"Kegiatan ini digelar setiap tahun sekali. Kegiatan Kasal Cup tahun lalu memperlombakan beberapa cabang  olahraga, yaitu perahu naga dan perahu karet, lomba layar, lomba selam, 'fin swimming', dan lain-lain yang sudah terlaksana mulai tanggal 1 Juli hingga 25 Agustus 2016," ucapnya.
     
Untuk perlombaan Kasal Cup tahun ini, yang hanya memperlombakan cabang olahraga bulu tangkis, Pangarmatim telah menyiapkan tim yang diketuai oleh Komandan Satuan Kapal Ranjau (Dansantran) Koarmatim Kolonel Laut (P) Bayu Trikuncoro. 
     
"Dansantran juga menjadi Ketua Panitia untuk mempersiapkan atlet Koarmatim untuk Pekan Olahraga Wilayah Timur (Porwiltim) tahun 2017," ujarnya. 
     
Porwiltim adalah agenda pertandingan olahraga tahunan yang dilaksanakan secara rutin setiap tahun di Surabaya. Tahun ini diagendakan digelar tanggal 1 - 10 Juli.
     
"Pada dasarnya Porwiltim adalah bagian dari sistem pembinaan personel TNI Angkatan Laut guna meningkatkan kesegaran jasmani yang pada gilirannya akan menjadi faktor penentu keberhasilan dalam menjalankan tugas," jelasnya. 
     
Porwiltim tahun ini diikuti oleh tujuh peserta, yaitu Koarmatim, Kodiklatal, AAL, Marwiltim, Lantamal V, Puspenerbal, dan UPT Mabesal.
     
Pangarmatim berharap atlet-atlet dari Koarmatim dapat mempersiapkan diri melalui latihan secara intens sebelum mengikuti kejuaraan olahraga terbesar di kalangan internal TNI AL tersebut. 
     
"Dengan persiapan matang, para atlet diharapkan dapat meraih prestasi yang dapat membawa harum nama Koarmatim," tuturnya. (*)

Pewarta: Hanif N

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017