Surabaya (Antara Jatim) - Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf mengingatkan guru pendidikan anak usia dini (PAUD)  untuk mengawasi anak-anak agar saat bermain internet secara sehat seiring kemajuan teknologi saat ini.

"Anak-anak usia dini sekarang sudah pintar membuka ponsel pintar dan bermain internet sehingga harus selalu diawasi," ujarnya di sela seminar kebangsaan Universitas Terbuka Surabaya, Rabu.

Menurut dia, konten-konten yang tidak selayaknya ditonton anak-anak mudah dilihat di mana saja dalam proses pembelajaran harus sudah diperkenalkan yang layak dinikmati oleh mereka.

"Nantinya tumbuh kontrol terhadap diri dan mengerti apabila ada konten untuk orang dewasa maka dengan sendirinya akan menghindar," ucap Gus Ipul, sapaan akrabnya.

Orang nomor dua di Pemprov Jatim tersebut juga menyampaikan bahwa diperlukan saling belajar untuk menggunakan internet dengan bijak hingga diarahkan agar bisa melihat sisi positifnya.

Selain itu, guru PAUD bersama orang tua sejak dini mengedukasi anak-anak didik untuk berani terbuka, berani berbicara pada orang tua dan guru agar mereka terhindar dari ancaman para pedofilia yang berkeliaran.

Apalagi, kata dia, sebagian para pedofilia melakukan aksinya setelah melihat konten-konten pornografi di internet.

"Kemajuan teknologi menjadi tantangan bagi generasi muda. Apabila bisa mempergunakannya secara sehat dan positif maka generasi akan menjadi pemenang di era global yang memerlukan kecepatan seperti sekarang ini," katanya.

Untuk menjadi pemenang, lanjut dia, memerlukan kecepatan dalam berkarya serta menjadi sumber daya manusia berkualias dengan menguasai teknologi yang semakin maju. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017