Surabaya (Antara Jatim) - Pemerintah Kota Surabaya membantu memfasilitasi transportasi bagi para suporter Persebaya atau bonekmania saat pertandingan sepak bola persahabatan antara Persebaya Surabaya melawan PSIS Semarang di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Minggu sore.

 "Kita gerakkan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) untuk bantu angkut penonoton," kata Kepala Bagian Pemerintahan Pemkot Surabaya Eddy Christijanto kepada Antara di Surabaya.
     
Adapun kendaraan yang dikerahkan SKPD meliputi Dinas Pekerjaan Umum sebanyak 20 dum truk, Satpol 5 truk penumpang dan 7 patroli, Linmas 5 patroli dan 3 truk, Cipta Karya  4 dump truk dan 5 patroli, Dishub  10 kendaranan operasinal dan 5 bus sekolah, Bagian Perlengkapan 6 mini bus, kecamatan 31 kendaran operasional dan Dispora 2 mobil patroli.
     
 "Mereka bertugas untuk menfasilitasi suporter dari titik kumpul ke stadion. Ini dikarenakan parkir di GBT terbatas," katanya.
      
Sedangkan titik kumpul pemberangkatan berada di kawasan Cito, Kebun Binatang Surabaya (KBS), Terminal Bratang,  Taman Mundu, Mbah Ratu, JMP, Kecamatan Tandes, Segoro Madu dan Lakarsantri.
      
 Selain itu ada juga suporter yang parkir di mess Persebaya yang kemudian diangkut pakai truk. "Ada yang jalan kaki, ada yang parkir di kecamatan Tandes, parkir di Kecamatan Pakal, parkir di samping Polsek Pakal. Jadi kita angkut supaya tertib," katanya.
     
 Sebenarnya, lanjut dia, setiap ada pengumpulan masa, seperti konser musik, semua SKPD digerakkan untuk membantu angkut penonton. "Apalagi sepak bola yang melibatkan suprter puluhan ribu. Ini jua dilakukan pada saat kepulangan seusai pertandingan," katanya. (*)

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017