Sumenep (Antara Jatim) - Harga daging ayam kampung dan broiler di Pasar Anom Baru di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Senin, naik dibanding pekan sebelumnya.

"Harga daging ayam kampung pada awal pekan ini Rp70 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp60 ribu pada pekan lalu," ujar Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumenep, Sukaris di Sumenep.

Sementara harga daging ayam broiler naik dari Rp27 ribu per kilogram menjadi Rp30 ribu.

Penyebab harga daging ayam kampung dan broiler itu naik diduga akibat tingginya permintaan dari konsumen.

"Saat ini banyak warga Sumenep yang menunaikan ibadah umroh. Budaya di Sumenep, orang yang baru datang dari umroh akan banyak menerima tamu dan biasanya disuguhi makanan dengan daging ayam sebagai lauknya," kata Sukaris, menerangkan.   

Sementara harga cabai pada awal pekan ini turun dibanding pekan lalu, yakni cabai merah kecil biasa dari Rp140 ribu per kilogram menjadi Rp120 ribu dan cabai merah besar biasa dari 22 ribu menjadi Rp20 ribu.

Harga kentang juga turun dari Rp12 ribu per kilogram menjadi Rp11 ribu.

Sukaris menjelaskan, sesuai laporan dari stafnya, harga komoditas lainnya tercatat stabil dibanding pekan lalu.

Komoditas yang harganya stabil, di antaranya beras pada kisaran Rp8.700 hingga 9.400 per kilogram, gula pasir Rp13 ribu, dan mentega curah Rp21 ribu.

Staf Disperindag Sumenep memantau harga komoditas setiap hari di dua pasar di Kecamatan Kota, yakni Pasar Anom Baru sebagai lokasi utama dan Pasar Bangkal Baru sebagai pembanding. (*)

Pewarta: Slamet Hidayat

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017