Blitar,  (Antara Jatim) - Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas)  Polres Blitar, Jawa Timur,  melakukan sosialisasi dengan menggandeng sejumlah komunitas otomotif turun ke jalan untuk mengkampanyekan bahaya penggunaan ponsel saat berkendara.

"Kami menggandeng delapan komunitas otomotif untuk ikut bersama-sama mengkampanyekan bahayanya penggunaan ponsel saat berkendara. Dengan harapan agar kegiatan ini tak hanya seremonial belaka, melainkan dapat diteruskan secara 'getok tular' oleh rekan-rekan komunitas secara berkesinambungan," kata Kasat Lantas Polres Blitar AKP Argya Satrya Bhawana saat sosialisasi di kawasan Bendungan Selorejo, yang merupakan jalan lintas Malang-Blitar, Sabtu (11/3).

Kegiatan yang sempat diwarnai guyuran hujan dan tetap berjalan tertib itu selain merupakan bagian dari Operasi Simpatik Semeru 2017 yang berlangsung hingga 21 Maret mendatang, kampanye dengan  cara membagikan brosur dan memberikan imbauan secara langsung kepada pengendara tersebut juga untuk memberdayakan peran serta komunitas otomotif sebagai mitra Satlantas guna mewujudkan keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas. 

Apalagi keberadaan komunitas otomotif memang seharusnya menjadi panutan di jalan raya. "Komunitas otomotif merupakan representatif dari kelompok masyarakat, yang diharapkan bisa menjadi contoh yang baik bagi masyarakat pula, maka dari itu kemitraan ini diharapkan bisa mengena pada esensinya," kata Argya.

Tak hanya mengkampanyekan tentang bahaya penggunaan ponsel saat berkendara, kegiatan yang dimulai dengan pemberian pemahaman tentang berlalulintas yang baik dan benar kepada komunitas otomotif tersebut, juga memberikan pembelajaran mengenai bagaimana tata cara berkendara yang baik dan benar saat sedang berkonvoi di jalan, atau sedang dilakukan pengawalan oleh kepolisian.

Sebanyak delapan komunitas otomotif yang berpartisipasi dalam kampanye keselamatan berlalulintas tersebut antara lain Blitar CR-V Community (BCC), Mobilio Owner Indonesia (MOI), Komunitas Datsun Go dan Go+ Indonesia (KDGI), Brio Indonesia (Brionesia), Komunitas Ayla-Agya Blitar (A2 Auto Blitz), GrandMax-Luxio Indoensia (MAXXIO), Sigra-Calya Owner Club Indonesia (SCOCI),dan Avanza-Xenia Indonesia Community (AXIC).  

Koordinator Mobilio Owner Indonesia Chapter Blitar Bagus mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Satlantas Polres Blitar. Menurutnya, banyak manfaat yang diperoleh antara lain menambah persaudaraan antara sesama komunitas otomotif dengan jajaran kepolisian. "Sehingga kami bisa lebih mengerti apa saja yang harus dilakukan saat berkendara, Serta bisa juga memberitahukan masyarakat lain mengani hal itu," ungkapnya.

Senada dengan Bagus, Sekretaris Blitar CR-V Community Nurman juga berharap, agar kegiatan seperti itu tidak hanya berhenti disini saja. melainkan juga dapat dilakukan secara berkesinambungan. "Banyak ilmu berlalulintas yang perlu di sebarluaskan. Dengan kegiatan konkrit semacam inilah, yang menurut kami bisa sangat mengena kemasyarakat umumnya, dan kami sebagai komunitas otomotif pada khususnya," katanya. (*)
Video oleh: Irfan A

Pewarta: Oleh Irfan Anshori

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2017